Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Oli Cepsa Meluncur di Indonesia, Harga mulai Rp 50.000

Kompas.com - 06/11/2023, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT. Surya Global International (SGI), anggota Grup Sukabumi Trading Company (STC), meluncurkan merek oli asal Spanyol Cepsa Lubricants di Indonesia.

Meningkatnya pasar otomotif nasional membuat perusahaan global, termasuk beberapa industri pendukung seperti pelumas, ikut melebarkan pasarnya ke Indonesia.

Sementara itu, transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik, diyakini tidak akan mengurangi bisnis pelumas.

Hal ini disebabkan masih ada potensi untuk pengembangan e-fluid atau pelumas untuk kendaraan listrik dan sektor industri, yang merupakan pasar terbesar untuk bisnis pelumas global.

Baca juga: Belajar dari Kejadian Honda Brio Tabrak Pengunjung Mal di Semarang

Merek oli asal Spanyol, Cepsa, meluncur di Indonesia pada Senin (6/11/2023).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Merek oli asal Spanyol, Cepsa, meluncur di Indonesia pada Senin (6/11/2023).

Tobi Pardo, Direktur Pelumas, Aspal, dan Aviasi Cepsa Spanyol, mengatakan, meluncurnya oli Cepsa di Indonesia bertujuan untuk memimpin dalam mobilitas berkelanjutan dan energi untuk menciptakan nilai dan masa depan yang lebih cerah bagi semua.

“Cepsa adalah ahli dalam teknologi pelumas, dan kami selalu berusaha menawarkan produk yang paling memenuhi kebutuhan pelanggan, mulai dari produk otomotif, sepeda motor, truk, atau kapal hingga pelumas untuk mesin, instalasi, dan sistem produksi,” ujar Pardo di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Untuk diketahui, Cepsa memiliki portofolio beragam pelumas, base oil, dan paraffin wax, yang telah dipasarkan di lebih dari 80 negara sejak tahun 1950 dengan tim penjualan khusus.

Saat ini, Cepsa menjadi alah satu perusahaan terkemuka dalam pembuatan dan pemasaran produk pelumas dan base oil di Spanyol dan mengekspor produk ke Eropa dan pasar lainnya, seperti Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia.

Baca juga: Permintaan Kendaraan Listrik Kurang, Produsen Mau Kurangi Produksi

Sementara itu, Abraham Sudirman, Direktur Utama PT SGI, mengatakan, pihaknya ditunjuk sebagai perwakilan resmi di Indonesia untuk memasarkan dan mendistribusikan produk pelumas Cepsa untuk pasar otomotif dan industri.

“Kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang menyediakan efisiensi, inovasi, dan kualitas terbaik,” ucap Abraham, pada kesempatan yang sama.

“Dengan pengalaman kami dalam pemasaran pelumas kelas dunia selama lebih dari 27 tahun, kami sangat yakin bahwa kerja sama dengan Cepsa akan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang signifikan setiap tahunnya,” ujar dia.

Baca juga: Cara Perpanjang STNK atas Nama Orang Lain secara Online

Cepsa menawarkan jajaran produk yang luas, mulai dari pelumas sepeda motor, truk, atau kapal hingga pelumas untuk mesin, instalasi, dan sistem produksi.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Cepsa menawarkan jajaran produk yang luas, mulai dari pelumas sepeda motor, truk, atau kapal hingga pelumas untuk mesin, instalasi, dan sistem produksi.

Dengan jajaran produk yang cukup luas, Abraham mengatakan bahwa segmentasi pasar Cepsa berada di tengah-tengah.

Dari sisi harga pun masih bersahabat, sebagai contoh harga yang ditawarkan buat oli motor dengan spesifikasi 10W-30 (0,8 liter) dibanderol Rp 55.500, adapun oli mobil 10W-40 (4 liter) Rp 355.000.

“Untuk saat ini oli motor mulai Rp 50.000-an sampai Rp 90.000-an itu ukuran 0,8 liter. Mobil dari Rp 90.000-an sampai Rp 150.000-an untuk ukuran 1 liter. Kalau untuk gear oil 10W-30 matik HET-nya Rp 16.000,” kata Johan Wijaya, National Sales Manager PT SGI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com