Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Konsumen Jual Ford Fiesta padahal Baru Pakai Seminggu

Kompas.com - 23/10/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas susah-susah mudah apalagi jika pengetahuan mengenai mobil yang diincar kurang dalam. Takutnya bukan mendapat unit yang segar justru sebaliknya malah dapat yang menyusahkan di kemudian hari.

Di bursa mobil bekas salah satu mobil yang punya tampilan cukup keren dan harga terjangkau ialah Ford Fiesta. Namun jika kepincut hatchback asal Amerika Serikat ini wajib tahu kemungkinan penyakit dan perawatannya.

Baca juga: Banyak Pelat Dinas Palsu Dijual Bebas di Online, Harus Ditindak Tegas

Pantauan Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, saat ini harga Ford Fiesta bekas berkisar dari Rp 80 juta hingga Rp 100 jutaan. Biasanya semakin tua tahun produksinya maka harganya semakin murah.

- -

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, mengatakan, cara paling aman jika ingin beli Fiesta bekas ialah bawa ke bengkel untuk melihat kondisi sebenarnya.

"Paling bagus tolong bengkel dicek, jadi sebelum beli coba dicek dulu di bengkel spesialis atau mana saja sama saja punya SOP sendiri. Janjian dengan si penjual," kata Ferry kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Kalau saya ditanya ada orang mau beli Fiesta, saya akan tanya balik sudah tahu belum soal Fiesta, jadi jangan kita hanya lihat mobil ini keren tapi kok murah ya di bawah Rp 100 juta," ujar Ferry.

Baca juga: Biaya Servis Supaya Motor Lolos Uji Emisi, Mulai Rp 150.000

- -

Ferry mengatakan, dia pernah mendapati konsumen yang baru beli Fiesta tapi karena dapat unit yang kurang baik mobil tersebut dijual lagi meski baru satu pekan dipakai.

"Kalau saya jelaskan kenapa ingin Fiesta. Saya kasih harga perawatannya sekian, jadi bukan kami menakuti. Karena sebelumnya kalau saya tidak kasih informasi itu banyak yang beli tiba-tiba kaget oh ternyata ininya mahal ya, jadi kemudian dijual lagi. Jadi kita melihat kasian juga," kata Ferry.

"Ada yang beli belum seminggu di showroom, pas diperiksa (di bengkel) ternyata bekas diakali, pas tahu biaya perbaikan waduh, dijual lagi rugi Rp 10 juta tak sampai seminggu," kata dia.

Baca juga: Video Mobil Asal Pakai Lampu Hazard, Bikin Pengendara Lain Bingung

Ford Fiesta dan EcoSport mejeng di Pameran Otomotif Semarang 2014.Donny Apriliananda Ford Fiesta dan EcoSport mejeng di Pameran Otomotif Semarang 2014.

"Padahal itu sudah abis servis di kita, di unit rugi sepuluh dan servis Rp 5 jutaan," ujar Ferry.

Ferry mengatakan, bicara Fiesta ada tiga masalah yang terjadi yaitu transmisi matik dual clutch, modul TCM dan modul ABS.

Namun masalah pada komponen tersebut biasanya terjadi karena usia pakai. Kemudian "penyakitnya" tidak bisa digeneralisasi karena tiap mobil bisa jadi punya permasalahan berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com