Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas Otomotif Challenge

Video Adu Cepat Kereta Cepat Whoosh Vs Suzuki XL7 Hybrid, Siapa Menang?

Kompas.com - 20/10/2023, 13:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah diresmikan Presiden RI Joko Widodo dengan nama Whoosh. Kereta ini menjanjikan akses dan pengalaman baru bagi warga yang hendak melakukan perjalanan ke wilayah Bandung, Jawa Barat.

Fasilitas ini juga menjadi sejarah baru terkoneksinya moda transportasi umum modern dengan durasi kurang dari dua jam untuk melintas ke dua kota. Biasanya, perjalanan antar Jakarta-Bandung membutuhkan waktu kurang lebih dua sampai empat jam dengan mobil via tol Cikampek, dan Purbaleunyi.

Menandai perkembangan fasilitas umum ini, Kompas.com melakukan komparasi waktu tempuh dan pengalaman perjalanan dari Jakarta ke Bandung menggunakan Whoosh dan mobil pribadi, mobil yang digunakan ialah Suzuki XL7 Hybrid.

Baca juga: Kendaraan Khusus Dapur Lapangan Ganila, Bisa Masuk Pesawat Hercules

Kereta cepat Jakarta Bandung atau kereta cepat Whoosh. Diskon tiket kereta cepat Whoosh untuk keberangkatan 18 Oktober sampai 30 November 2023.KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kereta cepat Jakarta Bandung atau kereta cepat Whoosh. Diskon tiket kereta cepat Whoosh untuk keberangkatan 18 Oktober sampai 30 November 2023.

Titik start di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat menjadi pilihan paling pas mempertimbangkan proses komparasi tersebut. Untuk mengakses Whoosh harus dimulai dari Stasiun Palmerah, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun LRT Dukuh Atas, untuk menuju Stasiun Halim, sebagai titik pemberangkatan kereta cepat.

Sementara tim yang menggunakan mobil, bergerak dari Palmerah menuju Tol JORR, untuk bergerak ke tol Cikampek, tol layang MBZ dan tol Purbaleunyi.

Sehingga, kemacetan di jalur bebas hambatan jadi tantangan tersendiri bagi tim yang melakukan perjalanan dengan mobil. Sementara durasi penggunaan KRL dan LRT untuk menuju Stasiun Halim merupakan rintangan yang harus dilalui tim untuk naik Whoosh.

Sama-sama berangkat pada pukul 14.00 WIB, KOC 2023 resmi dimulai untuk melihat siapa yang paling cepat untuk menuju Kota Bandung.

Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Sendy Darlis Kompas Otomotif Challenge (KOC) 2023, komparasi waktu tepuh perjalanan Jakarta-Bandung memakai kereta cepat Whoosh dengan Suzuki XL7 Hybrid

Perjalanan

Setelah memastikan persiapan, tim yang menggunakan mobil langsung tancap gas ke ruas Tol JORR. Tapi, perjalanan tidak senantiasa lancar karena lalu lintas cukup padat karena sudah hampir memasuki jam pulang kerja kantor.

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa masuk Tol Layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), yang dilanjutkan ke ruas Tol Padalarang-Cileunyi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com