Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan Khusus Dapur Lapangan Ganila, Bisa Masuk Pesawat Hercules

Kompas.com - 20/10/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Agkatan Udara lewat satuan Komando Pasukan Gerak Cepat atau Kopasgat turut meramaikan EDRR Indonesia yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Kamis (19/10/2023) sampai Sabtu (21/10/2023).

Pada pameran tersebut, Kopasgat memamerkan kendaraan dapur lapangan dengan nama Ganila. Bisa dibilang, dapur lapangan Kopasgat ini unik, beda dengan dapur umum yang biasanya hadir di lokasi bencana dan sebagainya.

Kopda Taufik dan Kopda Andi dari Kopasgat mengatakan, untuk basisnya, Ganila memakai sasis truk biasa, yang 4x2. Cuma, bagian bodi dibuat rendah, cat gelap khas Kopasgat dan ban khusus buat di lumpur.

Baca juga: Pameran Kedaruratan Bencana Resmi Berlangsung, Pamer Teknologi Terbaru

Kendaraan Dapur Lapangan Ganila KopasgatKOMPAS.com/FATHAN Kendaraan Dapur Lapangan Ganila Kopasgat

"Bedanya dapur lapangan biasanya enggak pakai hidrolik. Tapi kalau Kopasgat Ganila harus biar atapnya bisa naik turun," kata Kopda Taufik kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2023).

Ketika atap turun, Ganila jadi bisa masuk ke dalam pesawat Hercules. Sedangkan kalau dapur lapangan kebanyakan, dimensinya tinggi, sehingga sulit kalau harus dibawa pakai pesawat.

"Jadi ke seluruh Indonesia kita harus gapai, makanya kalau atap diturunin jadi kelihatan lucu, tapi biar bisa masuk Hercules dan dibawake mana-mana," kata Kopda Andi.

Baca juga: BNPB Mulai Pakai Motor Listrik


Soal dapur lapangan, sekali masak di Ganila bisa untuk 250 porsi. Selain itu, dimensinya yang besar juga muat peralatan dapur lengkap bahkan sampai ada genset untuk listrik dan tempat penyimpanan gas.

"Misi operasi bencana alam, ini sudah dapurnya lengkap, genset kelistrikan, tabung gas kita bisa muat yang 20 kg 4-5 tabung. Jadi memang besar, karena diasumsikan buat cari bahan jauh, makanya siap sedia, enggak usah cari-cari dari sekitar," kata Kopda Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com