Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Restorasi Modifikasi Toyota Yaris Bergaya JDM

Kompas.com - 15/10/2023, 10:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota mengusung Yaris sebagai andalnnya untuk mengisi segmen hatchback di pasar otomotif Tanah Air sejak 2006.

Generasi pertamanya memiliki bodi yang unik membulat penuh layaknya bakpao. Maka dari itu masyarakat kerap menjuluki Yaris lansiran 2006 hingga 2013 dengan nama Yaris Bakpao.

Meski terbilang lawas, tak membuat para pemiliknya kehabisan akal untuk membuat tampilan Yaris Bakpao tetap menawan. Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Mohammad Herdito.

Baca juga: Produk Pendukung Otomotif Turut Ramaikan MotoGP Mandalika 2023

Herdito memodifikasi Yaris Bakpao lansiran tahun 2013 miliknya dengan gaya Japan Domestic Market (JDM). Dia menceritakan awal mula dirinya mendapatkan hatchback Toyota ini di awal tahun 2023 sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan modifikasi.

“Mobil ini sebetulnya dibeli untuk jadi ‘kaki’ keseharian ke kantor saja, karena bentuknya kecil irit jadi pas banget buat di jalanan Jakarta. Waktu awal beli mobil ini bahkan tidak ada niatan untuk di modifikasi karena cuma buat transport saja,” ucap Herdito, kepada Kompas.com, Sabtu (15/10/2023).

Restorasi modifikasi Toyota YarisDok pribadi Herdito (Dvck Photography) Restorasi modifikasi Toyota Yaris

Herdito melanjutkan, awal mula yang membuat diri terdorong ingin merestorasi mobil ini lantaran melihat cat body yang sudah di repaint full.

“Pas dilihat detail kok catnya mulai kusam, akhirnya saya repaint full, kerok seluruh body mobil yang berujung sayang kalau sudah di full repaint tapi dibiarin standard,” kata Herdito.

Akhirnya pria berusia 26 tahun ini memutuskan untuk melakukan restorasi modifikasi pada mobilnya. Herdito perlahan mulai melakukan ubahan pada Yaris Bakpao untuk di convert ke Vitz RS.

“Kenapa ke Vitz RS? Karena memang kiblatnya ke JDM dan Yaris disana (global) kan namanya Vitz, cukup banyak perbedaannya sama Yaris di Indonesia, makanya saya coba bikin jadi Vitz yang di sana,” ujar Herdito.

Adapun untuk modifikasi yang dilakukan meliputi bagian eksterior, interior, kaki-kaki, mesin, hingga audio.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Herdito Widagdo (@gallery.bajaw)

Pada bagian eksterior, Herdito melakukan repaint full kerok berwarna hitam. Pria asal Jakarta ini juga sudah mengubah fascia mobil menjadi Vitz RS dengan menyematkan bumper depan, lampu, front lips Vitz RS.

Bagian buritan juga sudah disematkan bumper, lampu belakang dan ducktail Vitz RS, sehingga tampilan JDM begitu kental.

Berlanjut ke bagian kaki-kaki, Herdito menyematkan pelek Pina F1 16x7,5 et42 Original yang dibalut dengan ban Yokohama Advan Fleva 205/50 R16.

Yaris Bakpao milik Dito ini juga sudah menggunakan ISC Coilover Basic, Under Control Strut Bar dan Racksteer Restored orisinal Toyota.

Di bagian interior, Herdito mengubah jok standar dengan Recaro LX-A Original, setir Nardi Torino White Spoke 360mm orisinal, serta konsol tengan dan pilar A yang sudah diubah ke Vitz RS. Jok belakang juga sudah di retrim menggunakan Suede dari Java Seat, dan retrim plafon berwarna hitam agar tampilannya semakin segar.

Restorasi modifikasi Toyota YarisDok pribadi Herdito Restorasi modifikasi Toyota Yaris

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com