Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Pebalap MotoGP Soal Sirkuit India yang Dinilai Kurang Aman

Kompas.com - 21/09/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motosan.es

INDIA, KOMPAS.com - Seri ke-13 MotoGP 2023 akan digelar di India akhir pekan ini, Minggu (24/9/2023). Balapan akan digelar di Sirkuit Internasional Buddh, yang cukup kontroversial.

Sirkuit Internasional Buddh dianggap cukup berbahaya. Sirkuit ini pernah dipakai Formula 1 pada 2011 dan 2013. Kini meski telah dimodifikasi masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan.

Baca juga: Tokoh Otomotif Nasional Soebronto Laras Meninggal Dunia

Tome Alfonso, manajer keselamatan FIM menjelaskan, pihaknya meminta kepada pengelola Sirkuit Internasional Buddh untuk meningkatkan pengamanan di sekitar sirkuit.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023Dok. @ktmfactoryracing Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023

“Kami meminta untuk mengurangi jumlah aspal dan menambah kerikil di beberapa tempat, khususnya di tikungan 1, 2, 3, 4, 5, 7, 13 dan 14," ujar Alfonso dilansir dari Motosan.es, Kamis (21/9/2023).

"Pada tikungan 3, 13 dan 14, kami telah bekerja sama dengan sirkuit untuk memodifikasi tata letak guna memaksimalkan rute. Kami juga telah memperkenalkan perangkat perlindungan yang disetujui, baik pagar anti pesawat maupun penghalang busa, tergantung pada kemungkinan sudut benturan," katanya.

Baca juga: Jejak Planet Ban, dari Jualan Ban Saja sampai Layanan Servis Motor

Sebelum balapan di GP Misano lalu, para pebalap sudah melihat tayangan presentasi video mengenai sirkuit India. Mayoritas memang mengkhawatirkan soal keselamatan.

Pebalap Gresini Racing MotoGP Alex Márquez mengatakan, di beberapa tikungan tembok pembatas terlalu dekat dan bisa berbahaya jika ada pebalap yang meluncur di jalur tersebut.

Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.AFP/JOHN THYS Pebalap tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia. Bagnaia saat ini memimpin klasemen MotoGP 2023 menjelang balapan GP Inggris 2023 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada Minggu (6/8/2023) malam WIB.

“Ada 2-3 tikungan yang temboknya cukup dekat. Saya rasa ini bukan solusi terbaik karena kami berada di kejuaraan dunia, bukan kejuaraan regional,” kata Alex.

“Kita lihat saja nanti ketika kita sampai di sana. Mereka melakukan pekerjaan dengan sangat baik, tapi kita harus melihat apakah itu cukup,” ujarnya.

Sirkuit Buddh didesain untuk balap mobil yang tidak memerlukan area run-off yang cukup luas seperti halnya balap motor alhasil perlu penyesuaian. Perbaikan sirkuit juga sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Aleix Espargaro di MotoGP Inggris 2023TWITTER/A;EIXESPARGARO Aleix Espargaro di MotoGP Inggris 2023

Pebalap tim pabrikan Aprilia, Aleix Espargaró juga mengeluh kepada Dorna Sport mengenai masalah keamanan sirkuit dan menegaskan bahwa dia tidak akan balapan jika ternyata tidak aman.

Baca juga: Jejak Planet Ban, dari Jualan Ban Saja sampai Layanan Servis Motor

“Jika trek tidak aman, kami tidak akan balapan,” katanya.

Sedangkan pebalap tim pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo tidak terlalu khawatir dengan letak tembok tersebut, meski dia mengakui bahwa tidak akan mengetahuinya sampai berada di siekuit.

“Dalam video sepertinya cukup bagus,” ujar Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com