Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Honda Verza Custom ala Honda Win 100, mulai Rp 13 Jutaan

Kompas.com - 07/08/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Verza belakangan mulai diminati sebagai bahan modifikasi anak-anak custom. Salah satu gaya yang banyak dipilih adalah tampilan seperti Honda Win 100.

Sendy Alfiandi, pemilik bengkel modifikasi Mosic Garage di daerah Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, permintaan memodifikasi Verza menjadi Win mulai ramai dalam beberapa bulan terakhir.

Menurutnya, pesanan Honda Verza custom Win bisa mencapai 4-5 unit per bulan, dengan lama pengerjaan lebih kurang satu bulan per unit.

Baca juga: Pengakuan Maling Motor, Kunci Setang Motor ke Kanan Tidak Pengaruh

Honda Verza custom Win garapan Mosic GarageKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage

Adapun bahan Honda Verza yang dijadikan objek modifikasi bisa dibawa konsumen, atau minta dicarikan oleh Mosic Garage.

“Kita terima modifikasi rapi sudah termasuk Verzanya sekitar Rp 22,5 juta, kalau biaya modifikasinya saja lebih kurang Rp 13,5 juta,” ujar Sendy kepada Kompas.com (4/8/2023).

Sendy mengatakan, tantangan mengerjakan Verza custom Win terletak pada bagian tangki. Di mana pihaknya harus melakukan penyesuaian agar tangki Honda Win bisa dipasang di Honda Verza.

Baca juga: Video Maling Nyerah Bawa Kabur Ninja ZX-25R

“Verza ini kan basic-nya motor injeksi, ribet saat membuat tangkinya, terutama di fuel pump. Tangki ini kan custom, jadi tangki bawaan Verza kita gabung dengan tangki Win,” ucap Sendy.

“Kita ambil tangki bawahnya Verza, soalnya untuk pasang fuel pump. Lumayan repot itu. Untuk pemasangan juga ribet. Iya bagian itu paling detail,” kata dia.

Ia juga mengatakan, apabila bagian tangki salah pengerjaan, maka motor bakal sulit dinyalakan karena berhubungan dengan komponen pompa bensin.

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta

Mosic Garage, bengkel modifikasi di daerah Meruyung, Limo, Depok, yang menerima Verza custom Win.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mosic Garage, bengkel modifikasi di daerah Meruyung, Limo, Depok, yang menerima Verza custom Win.

Selain komponen itu, modifikasi terbilang mudah dilakukan. Sendy bahkan juga menyematkan berbagai variasi untuk meningkatkan fungsi dari motor tersebut.

“Kalau lampu depan kan aftermarket, pakai Daymaker. Tangki juga asli, bodi asli, tapi kalau sepatbor sudah ganti yang model semitrail,” kata Sendy.

“Kaki-kaki kita pakai KLX150, kita bikin cakram depan-belakang. Sokbreker depan masih bawaan Verza, belakang aftermarket,” ujarnya.

Baca juga: Perbandingan Biaya Operasional Motor Listrik dan Motor Bensin

Honda Verza custom Win garapan Mosic GarageKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda Verza custom Win garapan Mosic Garage

Data modifikasi:

- Ban Street Enduro
- Pelek alumunium 17 inci
- Tromol KLX + jari-jari TDR
- Custom cakram depan dan belakang
- Headlamp Daymaker
- Spidometer digital aftermarket replika Win
- Sokbreker belakang aftermarket
- Full Painting Win 100

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com