Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Komunitas Toyota Kampanyekan Udara Sehat

Kompas.com - 17/09/2023, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menujukkan kepedulian terhadap lingkungan, Toyota Owner Club (TOC) yang berisikan 18 komunitas melakukan uji emisi dan servis bersama di Auto2000 Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

Acara ini dilakukan sebagai wujud partisipasi pengguna mobil Toyota yang tergabung dalam TOC untuk menjaga lingkungan. Sebab, akhir-akhir ini terjadi peningkatan terkait indeks kualitas udara di Jakarta.

"Dengan ini kami komunitas otomotif merasa perlu melakukan sesuatu, yaitu, salah satunya melakukan edukasi mengenai polusi udara yang disebabkan kendaraan bermotor yang pembakarannya tak sempurna sehingga turut menyumbang meningkatkan kadar gas buang emisi pada kendaraan," kata perwakilan salah satu anggota TOC, pada keterangan resminya, Sabtu (16/9/2023).

Pada acara yang mengusung tema Six Communities Go Green Campaingn ini diikuti enam komunitas dengan kondisi yang rata-rata sudah di atas tiga tahun.

Baca juga: Cara Komunitas Xpander X-Moc Atasi Masalah Polusi Udara

Keenam komunitas tersebut adalah Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA), Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI), Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI), Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), Velozity (Veloz Community), dan Great Corolla Club (GCC).

Komunitas Toyota Uji emisiDOK.TOC Komunitas Toyota Uji emisi

Selain uji emisi, TOC juga menggelar talkshow terkait safety driving dan eco driving yang diisi oleh Sony Susmana dari Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI). Termasuk aksi CSR berupa penanaman pohon produktif di lokasi acara.

Kepala Cabang Auto2000 Dramaga Aloysius Socrates mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan gabungan berbagai komunitas dalam uji emisi, servis, dan kampanye go green ini.

"Kendaraan yang bagus adalah kendaraan yang lulus uji emisi pasti dirawat dan diservis dengan baik secara berkala, dan pastinya saran kami service berkala dilakukan di bengkel bengkel resmi Toyota yang terjamin part dan keahlian dari petugasnya," ucap Aloysius.

Baca juga: Jajal Performa Toyota Agya GR Sport Garapan GR Garage

Sementara itu dijelaskan bila ambang batas karbon monoksida adalah 25 ppm. Bila lebih maka bisa mengganggu kesehatan manusia.

Komunitas Toyota Uji emisiDOK.TOC Komunitas Toyota Uji emisi

Penyebab utama buruknya gas buang pada mobil karena filter udara yang kotor. Alhasil, pasokan udara segar ke ruang bakar terganggu, membuat proses pembakaran kekurangan kadar Oksigen (O2).

Kondisi ini membuat gas buang yang seharusnya menghasilkan CO2 tinggi tergantikan gas CO yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com