Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merasakan Duduk di Kursi Penumpang Toyota RAV4 GR Sport PHEV

Kompas.com - 16/09/2023, 17:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota All New RAV4 GR Sport PHEV resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil yang dibanderol Rp 1,1 miliar ini jadi pilihan baru untuk segmen mobil Plug-in Hybrid.

Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan kepada media pada, Sabtu (16/9/2023), di Sirkuit Jakarta International E-Prix Ancol, Jakarta Utara, untuk mencoba produk PHEV terbaru ini.

Pada kesempatan kali ini tim redaksi hanya duduk di kursi penumpang. Tapi paling tidak bisa mengobati rasa penasaraan bagaimana sensasi berada di kursi penumpang RAV4 GR Sport PHEV ini.

Baca juga: Sensasi Duduk di Kursi Penumpang GR Corolla

Berada di kelas SUV medium, membuat penumpang dengan ukuran tubuh rata-rata warga Indonesia dengan tinggi 168 cm, cukup mudah saat masuk ke dalam kabin. Ruang kepala dan kaki masih cukup lega.

Sebagai informasi, di dalam mobil hanya diisi dua orang, yakni tim redaksi dan pengemudi bernama Herdiko dari Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI).

Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEVKompas.com/Adityo Test drive Toyota RAV4 GR Sport PHEV

Saat aba-aba jalan dipersilahkan, Herdiko langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Torsi instan dari mesin plug-in hybrid langsung terasa akibat akselerasi dari mesin A25A-FXS, 4-silinder segaris 16 katup DOHC 2.500 cc plug in hybrid yang mampu menghasilkan tenaga 182 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 227 kW pada 3.200-3.700 rpm.

Mobil ini disokong daya baterai Lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh, di mana dalam kondisi baterai penuh bisa melaju sejauh 65 kilometer dengan kecepatan sampai 180 Kpj.

Baca juga: Alasan Pelat Nomor Kendaraan Kalsel Berbeda dari Kalimantan Lain

Jelas, sensasi yang dihasilkan dari torsi instant tersebut mampu membuat daya dorong tubuh (G-Force) saat akselerasi cukup terasa. Adrenalin semakin meningkat saat pengemudi melakukan akselerasi dari kondisi berbelok ke jalan lurus.

Saat pengemudi memutar setir di tikungan ke-13 Sirkuit Jakarta International E-Prix, handling yang dirasakan kursi penumpang cukup nyaman dan tidak menimbulkan gejala body roll yang parah.

Meski hanya menjajal satu lap Sirkuit Jakarta International E-Prix, sensasi yang ditawarkan di kursi penumpang Toyota RAV4 GR Sport PHEV cukup menyenangkan. Mobil yang sejatinya digunakan untuk harian ini ternyata cukup mumpuni diajak ngebut di lintasan sirkuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com