Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Harga Toyota Transmover, Bisa Beda Rp 50 Jutaan dengan Avanza

Kompas.com - 04/09/2023, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Transmover merupakan kendaraan yang ditawarkan Toyota untuk mengisi pasar fleet. Biasanya, mobil dengan basis Avanza ini dipakai di perkantoran sampai untuk taksi.

Belum lama ini, terlihat Transmover terbaru sedang diangkut oleh truk. Model baru ini sekarang memakai basis Avanza yang sudah penggerak depan, jadi modelnya sudah ganti sepenuhnya.

Soal harga, Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, satu unit Transmover dibanderol Rp 179,3 juta.

Baca juga: Perbedaan Toyota Transmover dengan Avanza, Ada pada Opsi Fitur

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

"Harga Rp 179,3 juta Off The Road," kata Anton kepada Kompas.com, Senin (4/9/2023).

Kalau dibandingkan dengan Avanza Tipe E Manual, harganya di laman Toyota adalah Rp 235,1 juta OTR Jakarta. Jadi selisih antara kedua mobil adalah sekitar Rp 55 juta. Hanya saja, buat Transmover belum dikenakan instrumen pajak kendaraan dan lain-lain.

Soal fitur, Transmover punya beberapa perbedaan karena menyasar segmen fleet, jadi disesuaikan dengan kebutuhan. Misal Transmover dijual pakai pelek kaleng, tanpa audio dan alarm.

"Beberapa fitur juga disesuaikan seperti speaker hanya dua, lalu seatbelt indicator hanya untuk driver, dan yang paling membedakan nama di bodi Transmover ya," kata Anton.

Baca juga: 3 PO Bus yang Sahamnya Bisa Dibeli di Bursa Efek Indonesia

Untuk fitur keselamatan seperti VSC, HSA, dan Airbag tetap dipertahankan, sama seperti Avanza Tipe E. Bagi yang mau pesan, bisa melalui diler Toyota terdekat, tapi tanya ke fleet team.

Dimas Aska, Interactive Communication Dept. Head PT TAM menjelaskan, pada dasarnya bisa saja beli satuan, seperti beli mobil biasa. Tapi ada perbedaan proses pembelian antara mobil buat fleet dan penumpang.

"Mungkin aja kok beli satuan, tapi ya harus menunggu waktu produksi ya. Agak berbeda dengan beli unit normal (Avanza) yang pada saat SPK jadi, nomornya sudah diinformasikan ke pabrik," kata Dimas.

Makanya, proses pembelian Transmover ini spot order, ketika sudah ada pesanan, baru dibuat. Bahkan kalau beli banyak, pengiriman barangnya bisa disesuaikan seperti ada batch 1 dan seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com