Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Terbaru, Toyota Akan Produksi Lebih dari 10 Juta Unit Tahun Ini

Kompas.com - 31/08/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) memiliki banyak pabrik yang tersebar di berbagai negara. Tahun ini, Toyota diyakini akan mencetak rekor baru dalam sejarah dengan memproduksi lebih dari 10 juta unit dalam setahun.

Dikutip dari Asia.nikkei.com, Kamis (31/8/2023), Toyota menetapkan target untuk memproduksi 10,2 juta unit mobil dalam periode 12 bulan atau setahun.

Baca juga: Kegagalan Sistem, Semua Pabrik Toyota di Jepang Terpaksa Berhenti

Sebanyak 3,4 juta unit di antaranya adalah Toyota dan Lexus yang diproduksi di Jepang. Sementara 6,8 juta unit mobil lainnya diproduksi di negara lainnya, termasuk Indonesia.

Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat. Febri Ardani/KompasOtomotif Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.

Rekor sebelumnya dicatatkan oleh Toyota sebelum pandemi, tepatnya pada 2019. Saat itu, Toyota berhasil memproduksi 9,05 juta unit kendaraan dalam setahun. Pada 2025, TMC berencana untuk mencapai level 11 juta unit mobil per tahun.

Jumlah tersebut belum termasuk dengan Daihatsu dan Hino, yang diproduksi juga oleh grup Toyota. Apabila digabungkan, maka jumlah 10 juta unit dalam setahun sudah dicapainya sejak 2013.

Baca juga: Pabrik Toyota di Karawang Siap Produksi Mobil Hybrid

Pabrik Toyota di Karawang, memproduksi Innova.Agung Kurniawan Pabrik Toyota di Karawang, memproduksi Innova.

Untuk Indonesia sendiri, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berkontribusi cukup besar. Dua pabrik di Sunter dan tiga pabrik di Karawang memiliki kapasitas produksi 315.000 unit per tahun.

Beberapa hari yang lalu, TMC sempat mengalami kegagalan sistem hingga menghentikan produksi pada 14 pabriknya di Jepang. Namun, masalah ini hanya berlangsung selama satu hari dan sudah kembali normal keesokan harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com