Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Saksi Peluncuran All New Alphard di GIIAS 2023, Lebih Canggih dan Ramah Lingkungan

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan lini anyar All New Alphard pada ajang “GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023” di ICE BSD City, Tangerang, Banten. Pameran ini berlangsung sejak Jumat (10/8/2023) hingga Minggu (20/8/2023).

Lewat produk anyar tersebut, Toyota memberikan pengalaman berkendara yang mumpuni bagi pencinta otomotif di Tanah Air. All New Alphard pun hadir dengan sentuhan teknologi modern yang lebih canggih dan ramah lingkungan.

Sebagai benchmark, All New Alphard ditargetkan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berkendara high quality setara premium luxury sedan. Bahkan, melampauinya dengan meningkatkan value yang hanya dimiliki oleh multi-purpose vehicle (MPV) mewah.

Tak sekadar mengedepankan aspek kenyamanan, premium luxury  MPV satu ini diklaim mampu memberikan peace of mind kepada pengguna.

Guna mewujudkan carbon-neutral mobility, All New Alphard mengadopsi opsi hybrid electric vehicle (HEV) dengan efisiensi mesin tinggi, powerful, dan rendah emisi. 

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda mengatakan, Toyota Alphard hingga saat ini berhasil mempertahankan predikat sebagai pemimpin pasar di kelasnya sejak hadir perdana pada 2008.

Berbekal pengalaman melayani pelanggan selama 15 tahun, lanjut Hiroyuki, premium luxury MPV itu terus mengedepankan continuous improvement. Tak heran, Alphard hingga saat ini tetap dicintai penggemar otomotif di Tanah Air.

“All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih canggih serta menawarkan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil. Kendaraan ini terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan serta lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” ujar Hiroyuki dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Desain atraktif konsep hospitality

Pada kesempatan sama, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan, salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir di Tanah Air, yakni dari segi desain luar yang atraktif untuk ukuran big MPV.

Meski mengusung desain kotak, lanjut Henry, tToyota Alphard tidak kehilangan karisma. Sebaliknya, mempertegas status sosial pemiliknya.

“Mengusung tema desain eksterior Forceful x IMPACT LUXURY dengan postur yang tangguh dan solid, model ini menciptakan kesan bertenaga seolah-olah mobil melaju ke depan yang ikut dipertegas pada bagian depan bergaya reverse slant face berpenampilan agresif,” kata Henry.

Membentang dari depan ke belakang, lanjut Henry, sisi samping bodi mobil menampilkan ketidakteraturan dinamis yang membangkitkan kekuatan All New Alphard.

Tak hanya itum dimensi premium luxury MPV satu itu juga berubah. Adapun panjangnya mencapai 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm.

“Artinya, All New Alphard lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 10 mm dari pendahulunya untuk meningkatkan kestabilan manuver dan kabin yang lebih spacious (lapang),” terang Henry.

Dari segi jarak sandaran, lanjut Henry, seluruh baris bangku kini 2.205 mm dari sebelumnya 2.195 mm, sehingga menambah ruang kaki penumpang. Dengan begitu, jarak sandaran bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.315 mm dari sebelumnya 1.310 mm.

Selain itu, imbuhnya, bangku sisi tengah dapat digeser sejauh 500 mm untuk memberikan kebebasan mengatur posisi duduk penumpang. Celah antara executive power seat kiri dan kanan juga ditingkatkan menjadi 175 mm untuk memudahkan akses ke bangku belakang.

Konsep hospitality pun terlihat dari sejumlah sentuhan yang memberikan pengalaman berkesan, mulai dari masuk-keluar kendaraan hingga dalam perjalanan sendiri.

“Toyota berkomitmen mengembangkan berbagai fitur yang menghadirkan keramahan dan kenyamanan, seperti universal steps pada kedua pintu geser kanan dan kiri yang memudahkan akses anak kecil dan orang tua,” terangnya.

Saat pintu terbuka, sebuah footstep keluar sekitar 220 mm di atas tanah guna memberikan pijakan pertama yang lebih rendah dari lantai mobil untuk masuk dan keluar penumpang.

Long assist grips pun dirancang agar mudah dipegang oleh penumpang segala usia yang ditempatkan di pilar C dan di kedua sisi atap. Tujuannya, untuk memastikan pergerakan penumpang effortless.

Henry menambahkan, pelanggan yang duduk di bangku tengah dan belakang All New Alphard biasanya menginginkan atmosfer kabin yang teduh, tenang, dan memberikan peace of mind. Untuk itu, ceiling storage dipasang memanjang di tengah dari bangku baris kedua sampai ke belakang.

Selain itu, kenyamanan ditambah dengan kehadiran 14 inch rear seat entertainment (RSE) untuk masing-masing baris bangku dan lighting system yang mengelilingi ceiling storage. Fitur ini dapat diatur sesuai mood penumpang.

Uniknya, moon roof juga dipasang memanjang ke belakang di sisi kiri-kanan ceiling storage yang memberikan kebebasan kepada masing-masing penumpang untuk menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang.

“Semakin private dan nyaman, power sunshade dipasang di dalam frame kaca samping yang rapi, memungkinkan penumpang untuk mengurangi panas sinar matahari sambil tetap menikmati pemandangan keluar,” papar Henry.

Berkat kenyamanan tersebut, kendaraan premium satu itu dapat digunakan sebagai super-luxury mobile office atau private room yang sangat nyaman.

Dengan perhatian pada detail yang outstanding, jok pun didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan di atas.

“Kemudian dilakukan pembenahan, seperti memasang penyangga cushion frame di alas bangku, low repulsion foam pad pada sandaran, dan anti-vibration rubber bush supaya getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang,” imbuhnya.

Empat tipe All New Alphard 

Sebagai informasi, All New Alphard yang diluncurkan dalam pameran GIIAS 2023 memiliki empat pilihan tipe, yakni basic model, 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, PT TAM menargetkan setidaknya 30 persen kendaraan elektrifikasi (xEV) dalam produknya pada 2030.

Strategi multi pathway yang dijalankan untuk melengkapi jajaran carbon neutral vehicle Toyota. Salah satunya,  All New Alphard 2.5 HV menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm.

“Mesin tersebut menggunakan teknologi yang mereduksi ukuran dan berat serta ditingkatkan efisiensinya sehingga powerful dan hemat bensin, yang kemudian disalurkan lewat transmisi CVT yang smooth dan responsif ke roda depan,” jelas Anton.

Adapun tipe 2.5 X dan 2.5 G, lanjut Anton, dilengkapi gasoline engine berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan.

Dari segi warna, imbuhnya, All New Alphard hanya tersedia dua pilihan, yakni platinum white pearl dan black. Sementara, untuk interior, hanya tersedia pilihan warna black untuk seluruh tipe.

Guna melindungi pengemudi sekaligus mencegah kecelakaan sedini mungkin, mobil premium tersebut dilengkapi dengan active safety package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Untuk diketahui, pre-collision system (PCS) berfungsi untuk mencegah mobil menabrak dari belakang, sedangkan dynamic radar cruise control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan saat berada di jalan tol.

Adapun lane departure assist (LDA) pada All New Alphard mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya. Sementara, fitur lane tracing assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya.

"Adaptive high beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan pada malam hari. Ada pula fitur terbaru, yaitu driver monitoring system (DMS) yang berfungsi menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil,” kata Anton.

Deretan fitur anyar pada T Intouch All New Alphard

All New Alphard didukung oleh fitur advanced berbasis teknologi telematika yang dapat diakses via aplikasi mToyota, yaitu T Intouch.

Fitur pada T Intouch sendiri menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari. Fitur ini bekerja menghubungkan pengguna dengan mobilnya ke seluruh layanan Toyota untuk memberikan peace of mind.

Berikut enam fitur yang telah diperbarui dan akan digunakan pada model baru Toyota lainnya di Indonesia.

Pertama, time fencing. Fitur ini mendeteksi pergerakan mobil pada periode waktu yang telah diatur oleh pelanggan dengan memberikan notifikasi terkait potensi penyalahgunaan dan risiko pencurian.

Peringatan akan diberikan dalam bentuk notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Kedua, speed alert.  Pengguna dapat mengatur batas kecepatan kendaraan lewat aplikasi mToyota untuk selanjutnya mendapatkan notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota ketika melewati batas yang ditetapkan.

Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah pengemudi over speed di jalan demi keselamatan saat berkendara.

Ketiga, idle alert. Fitur ini dapat memberitahu pengguna ketika mesin idle melebihi durasi yang sudah ditentukan oleh pengguna. Adapun pemberitahuan ini akan muncul melalui notifikasi pada ponsel dan inbox di aplikasi mToyota.

Alhasil, konsumsi bensin lebih hemat karena tidak terbuang percuma.

Keempat, guest driver alert. Fitur satu ini efektif ketika All New Alphard sedang digunakan oleh orang lain, seperti petugas valet parking.

Pelanggan pun dapat mengatur secara detail sejumlah parameter penting, seperti geofencing atau radius terjauh kendaraan dari pemiliknya. Selain itu, maximum speed untuk menjaga kendaraan tidak over speed dan maximum idle time guna memastikan mobil tidak disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Kelima, driving report. Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur trip driving update yang dapat menyertakan ringkasan mengenai jarak, durasi waktu, dan kecepatan rata-rata (harian dan bulanan) dari riwayat perjalanan yang telah dilakukan sebelumnya.

Berkat fitur tersebut, pengguna dapat mengevaluasi penggunaan kendaraannya secara berkala

Terakhir, safe driving reward. Bagi pelangggan  yang mengaktifkan T Intouch dan mempunyai Toyota Insurance Comprehensive (all risk), berkesempatan mendapatkan additional benefit (reward) jika berkendara dengan baik dengan meminimalisasi akselerasi secara tiba-tiba, pengereman mendadak, dan berbelok dengan kecepatan tinggi.

Anda pun dapat menjajal keseruan dalam menggunakan produk Toyota, mengejar manfaat rewards, dan secara paralel menikmati pengalaman berkendara yang lebih aman.

Tak cuma itu, setiap pelanggan juga dapat mengevaluasi cara berkendara dengan rutin memeriksa menu driving score pada mToyota. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/11/220201115/jadi-saksi-peluncuran-all-new-alphard-di-giias-2023-lebih-canggih-dan-ramah

Terkini Lainnya

Main Mobil Tua, Jangan Asal Pilih Bengkel Spesialis

Main Mobil Tua, Jangan Asal Pilih Bengkel Spesialis

Tips N Trik
Segini Gaji Minimal buat Kredit Toyota Fortuner Facelift

Segini Gaji Minimal buat Kredit Toyota Fortuner Facelift

News
Video Taksi Online Lawan Arah di Tol, Driver Bisa Didenda Rp 500.000

Video Taksi Online Lawan Arah di Tol, Driver Bisa Didenda Rp 500.000

Feature
Waspada Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Tangerang sampai Minggu Depan

Waspada Macet, Ada Perbaikan Tol Jakarta-Tangerang sampai Minggu Depan

News
[POPULER OTOMOTIF] Apakah Harus Menunggu Lampu Indikator Mati Sebelum Starter Mobil? | Alasan Menyalakan Mobil Matik Harus Injak Rem Dahulu

[POPULER OTOMOTIF] Apakah Harus Menunggu Lampu Indikator Mati Sebelum Starter Mobil? | Alasan Menyalakan Mobil Matik Harus Injak Rem Dahulu

News
Hasil Klasemen Usai Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Martin Memimpin

Hasil Klasemen Usai Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Martin Memimpin

Sport
Dibekali Teknologi Terkini, Mobil Superâ„¢ All-in-One Protection Tawarkan Perlindungan Mesin hingga 20 Tahun

Dibekali Teknologi Terkini, Mobil Superâ„¢ All-in-One Protection Tawarkan Perlindungan Mesin hingga 20 Tahun

BrandzView
Hasil Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Martin Menang, Bagnaia Kedua

Hasil Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Martin Menang, Bagnaia Kedua

Sport
Live Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Diggia dan Bezzecchi Terjatuh

Live Sprint Race MotoGP San Marino 2024, Diggia dan Bezzecchi Terjatuh

Sport
Tips Aman Pakai Intercom Buat Pengendara Motor

Tips Aman Pakai Intercom Buat Pengendara Motor

Tips N Trik
Begini Cara Belok Kanan Agar Tidak Kagok, Pemotor Pemula Wajib Paham

Begini Cara Belok Kanan Agar Tidak Kagok, Pemotor Pemula Wajib Paham

Tips N Trik
Dibantu Toyota, BMW Siap Meluncurkan Mobil Hidrogen di 2028

Dibantu Toyota, BMW Siap Meluncurkan Mobil Hidrogen di 2028

News
Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot

Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot

Aksesoris
Jangan Simpan Barang-Barang Ini di Mobil Saat Cuaca Panas

Jangan Simpan Barang-Barang Ini di Mobil Saat Cuaca Panas

Tips N Trik
Versi Terbaru Meluncur, Harga Fortuner Bekas Dijual mulai Rp 100 Jutaan

Versi Terbaru Meluncur, Harga Fortuner Bekas Dijual mulai Rp 100 Jutaan

News
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke