Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNA Keliling Dunia Pakai Motor Listrik Zero DSR/X, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 23/07/2023, 09:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - oman Nedielka, WNA Slovakia yang tinggal di Jakarta, Indonesia, tengah melakoni touring keliling dunia menggunakan motor listrik. Perjalanan dimulai dari Jakarta dan akan berakhir di Jakarta.

Dirinya memulai perjalanan tersebut pada tanggal 10 Juli 2023. Berselang dua minggu sejak keberangkatannya dari Jakarta, Roman sudah memasuki area perbatasan Thailand dan Myanmar.

Roman menargetkan aksi touring keliling dunia ini selesai dalam lima bulan, yakni sekitar November 2023 mendatang. 

Menemani perjalanannya, Roman mengandalkan Zero DSR/X, motor listrik pribadi miliknya dengan banderol harga 27.200 Euro, setara dengan Rp 408 juta.

Baca juga: Melakukan Perawatan Motor Listrik Tidak Sulit, Bisa Dilakukan di Rumah

 

Uniknya, Roman mengaku jika motor listrik itu tanpa modifikasi alias gubahan sedikitpun. Semuanya masih versi stok bawaan pabrik.

“Saya cuma menambahkan boks motor saja di bagian belakang untuk menyimpan barang-barang keperluan saya. Untuk modifikasi tidak ada, semua komponen masih stok, bahkan rodanya juga,” ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Pria yang berprofesi sebagai konsultan bisnis itu mengaku optimistis dengan spesifikasi bawaan motor listrik miliknya, baik soal spesifikasi mapupun daya tahan.

Dia mengatakan, aksi touring keliling dunia ini diharapkan mampu membuka mata masyarakat Indonesia, soal keunggulan dan kualitas yang ada pada motor listrik.

Baca juga: Apa Benar Ada Motor Listrik yang Kuat Terabas Banjir?

Roman Nedielka, WNA asal Slovakia, melakukan touring lintas negara dimulai dari Indonesia.Dok. Roman Nedielka Roman Nedielka, WNA asal Slovakia, melakukan touring lintas negara dimulai dari Indonesia.

Dirinya juga sering membagikan catatan kegiatannya saat berkeliling dunia, melalui akun instagram @e_roundtheworld.

Secara blak-blakan, Roman mengaku cukup iri dengan situasi di Indonesia. Pasalnya, program elektrifikasi sudah berjalan dan motor-motor listrik sudah banyak bermunculan.

“Tapi saya sedikit gemas, kenapa pengguna motor listrik masih belum banyak? Padahal ada program yang bagus sekali dari pemerintah. Ini jadi salah satu alasan saya melakukan ini (touring keliling dunia), supaya masyarakat paham soal performa motor listrik,” kata dia.

Menyoal spesifikasi, motor listrik yang digunakan Roman juga tergolong premium. Sebagai pabrikan murni asal Amerika Serikat, Zero dikenal sebagai produsen yang hanya berfokus pada motor listrik performa tinggi.

Baca juga: Modifikasi Motor Listrik, Bukan Sekadar Upgrade Baterai

Motor listrik Zero DSR/Xcycleworld.com Motor listrik Zero DSR/X

Zero DSR/X milik Roman mengusung baterai jenis ion litium berkapasitas 17.300 watt hour, dengan daya jelajah sejauh 290 kilometer dalam sekali pengisian penuh.

Kapasitas baterai besar itu juga diimbangi oleh teknologi pengisian daya yang mumpuni.

Menggunakan charging port CCS2, Zero DSR/X sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk terisi penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com