Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan 35 Menit Diklaim Tingkatkan Penumpang Bus Transjakarta

Kompas.com - 09/06/2023, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mempercepat waktu tempuh perjalanan bus dengan meluncurkan Layanan 35 menit khusus di beberapa rute yang telah disesuaikan.

Tercatat pada 6 Juni 2023, Transjakarta melayani 958.756 pelanggan. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 4,8 persen dibandingkan 22 Mei 2023, waktu sebelum Layanan 35 menit diterapkan.

Kenaikan jumlah pelanggan Transjakarta ini terjadi setelah implementasi inovasi korporasi pada tiga rute, yakni Ragunan - Kuningan Timur, Pluit - Kota, dan Grogol - Semanggi.

Baca juga: Difarina Indra Kecelakaan di Tol, Kenapa Mobil Baru Bisa Mengalami Pecah Ban?

Calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020).  Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencari jalan keluar dan melakukan evaluasi atas terjadinya antrian panjang di halte Transjakarta, dengan hanya mengoperasikan 13 koridor bus mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB dengan jarak waktu kedatangan bus (headway) 20 menit sekali, dampak dari penerapan social distancing.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Calon penumpang antre menunggu bus TransJakarta di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Senin (16/3/2020). Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencari jalan keluar dan melakukan evaluasi atas terjadinya antrian panjang di halte Transjakarta, dengan hanya mengoperasikan 13 koridor bus mulai pukul 06.00 sampai 18.00 WIB dengan jarak waktu kedatangan bus (headway) 20 menit sekali, dampak dari penerapan social distancing.

Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph mengatakan, ketepatan waktu perjalanan berhasil memindahkan orang yang biasa menggunakan kendaraan pribadi ke moda transportasi umum seperti Transjakarta.

“Dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, semua potensi hambatan yang ada di sepanjang jalur yang memperpanjang waktu tempuh, dikelola dengan pola target waktu tempuh 35 menit,” ujar Joseph, dalam keterangan tertulis, Kamis (8/6/2023).

Joseph juga mengatakan, selain Layanan 35 Menit, kenaikan jumlah pelanggan Transjakarta juga didukung dengan upaya optimalisasi layanan lain.

Baca juga: Alasan Bengkel Ketok Magic Selalu Tertutup dan Pelanggan Tidak Boleh Melihat

Salah satunya revitalisasi halte yang terintegrasi dengan moda transportasi umum, juga ketersediaan fasilitas-fasilitas yang meningkatkan kenyamanan pelanggan Transjakarta.

“Transjakarta terus berupaya dan konsisten dalam menghadirkan layanan maksimal yang aman dan nyaman dan bisa mencapai target,” kata Joseph.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com