Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Bus di Indonesia Naik pada Juni 2023

Kompas.com - 08/06/2023, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus masih menjadi salah satu transportasi darat yang digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bahkan, perusahaan otobus (PO) yang bermain di bisnis tersebut jumlahnya makin tumbuh dan bersaing ketat untuk menarik minat pelanggan.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat bisnis, para PO kerap menambah unit bus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga: Alasan Bengkel Ketok Magic Selalu Tertutup dan Pelanggan Tidak Boleh Melihat

Oleh karena itu jumlah kepemilikan bus dari seluruh tercatat 259.578 unit. Total  bus tersebut tercantum pada data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Kamis (8/6/2023).

Bila dibandingkan dengan jumlah bus pada Jumat(12/5/2023) yang hanya berjumlah
258.839 unit, artinya ada peningkatan tipis sekitar 0,2 persen.

Torehan tersebut berdasarkan hasil akumulasi kepemilikan bus dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Dari data tersebut, Pulau Jawa masih menjadi pulau paling banyak menyumbang jumlah bus yaitu 144.097 unit.

Secara rinci, Jawa Timur menjadi wilayah yang menyumbang populasi bus terbesar di pulau Jawa yakni 41.389 unit. Kemudian Jakarta menempati urutan kedua yang menyumbang jumlah bus terbanyak untuk Pulau Jawa yakni 35.913 unit.

Sejumlah bus memadati Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Selasa (18/4/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Sejumlah bus memadati Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Difarina Indra Kecelakaan di Tol, kenapa Mobil Baru Bisa Mengalami Pecah Ban? 

Selanjutnya, Sumatera menjadi pulau dengan jumlah bus terbanyak kedua yakni 69.209 unit. Pulau Bali menjadi wilayah ketiga dengan bus terbanyak yaitu 15.122 unit.

Kalimantan menjadi wilayah terbanyak keempat dengan populasi bus yakni 13.823 unit. Sementara itu, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah bus yaitu 645 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com