Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pasutri Kemalingan Saat Tidur di Mobil Sambil Parkir di SPBU

Kompas.com - 08/06/2023, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian menggunakan mobil pribadi untuk rute yang panjang kini hal yang sudah tidak aneh lagi, terutama bagi para pelancong atau traveler.

Dengan jarak tempuh yang panjang, tidak sedikit pengendara yang memutuskan untuk beristirahat di suatu tempat, termasuk SPBU.

Namun pengalaman tidak menyenangkan justru menimpa salah satu pengendara mobil lantaran alami kemalingan dompet dan ponsel saat beristirahat di SPBU, dan dibagikan dalam cuplikan video yang diunggah pada akun Instagram @masolo_.

Masolo, Penggiat Campervan mengatakan, kejadian tersebut terjadi di SPBU yang terletak di kawasan Kebonarum, Jawa Tengah.

Baca juga: Mengenal Ban yang Dipakai Pebalap MotoGP 2023

“Untuk tanggal kejadiannya itu 28 April 2023 pukul 05.00 WIB pagi. Saya dan istri sedang perjalanan menuju Jogja dari Solo. Karena terlalu lelah, maka kami istirahat di SPBU itu pukul 23.30 WIB malam,” kata Masolo kepada Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Pada pukul 05.00 WIB ada satu orang pengendara motor yang mendekati mobil. Kemudian, pada pukul 15.15, pintu depan sebelah kiri dibuka dengan cara memasukan tangan melalui celah jendela kiri.

Hal tersebut tidak bisa hentikan dengan segera lantaran Masalo dan istri sedang tidur. Semenit kemudian central lock berhasil dibuka oleh pencuri yang dengan gesit langsung mengasak dua ponsel dan satu tas berisi dompet yang ada di pintu belakang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Masolo | Duorempong (@masolo_)


Namun aksi tersebut akhirnya disadari oleh istri Masalo sehingga pencuri tersebut langsung kabur menggunakan sepeda motor.

Entah kenapa kami cuma teriak 'eh..eh..eh..'. Lalu istriku malah kepikiran kasian malingnya kalau ketangkep di tempat dan dihakimi massa sampai mati. Kalau aku sih karena mungkin baru bangun tidur jadi tidak kepikiran teriak, kepikirannya ngejar setelah teriak teriak saat tasku diambil lewat pintu belakang,” kata Masalo.

Baca juga: Modifikasi Royal Enfield Interceptor Buat Harian, Simpel tapi Padat

Dari kejadian tersebut, Masolo berpesan agar pengendara lain lebih berhati-hati. Misalnya mencari tempat istirahat yang aman, dan pastikan barang berharga di taruh di tempat yang tidak terduga oleh maling. Misalnya taruh barang berharga di bawah jok atau tempat lainnya.

“Jendela dibuka hanya 2-3 ruas jari saja dari atas, dan pastikan alarm mobil menyala. Kalau memang ada petugas SPBU atau rest area yang bertugas, bisa nitip untuk diawasi oleh mereka,” kata Masolo.

Kendati sudah sering bepergian dan tidur di rest area atau SPBU karena gaya traveling pria tersebut dan istri adalah vanlife, dimana tidur dan masaknya di mobil. Namun harus bisa mencegah kejadian kejahatan tersebut lantaran bisa menimpa siapa dan kapan saja. 

"Tapi kalau sudah kejadian, pastikan tetap berpikir jernih, berpikir solusi dan tidak saling menyalahkan satu sama lain. Tapi kami juga berpikir lagi dapat ujian dan saat ini sudah ikhlas,” kata Masolo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com