Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Variasi interior dan jok merupakan salah satu modifikasi mobil yang umum dan cukup digemari konsumen. Biayanya pun beragam, mulai murah sampai puluhan juta rupiah.

Muhammad Mansur, pemilik bengkel spesialis jok mobil Surya Kencana Motor Bitung menjelaskan, modifikasi macam ini tidak hanya memperkeren tampilan, tapi juga bermanfaat dari segi perawatan.

Jok mobil keluaran pabrik biasanya berbahan dasar fabric (kain). Bahan ini tidak jelek, hanya saja sulit dibersihkan. Makanya banyak konsumen yang minta variasi jok bahan kulit sintetis,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2023).

Mansur menambahkan, bengkelnya menawarkan banyak opsi pemasangan dan konsumen bisa sangat leluasa dalam menentukan model, bahan, sampai tekstur dari jok.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas dengan Harga Jual Stabil

Sarung jok kulit sintetis variasi yang baru selesai dijahit dan siap dipasangKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Sarung jok kulit sintetis variasi yang baru selesai dijahit dan siap dipasang

Proses itu disebut dengan istilah tailoring, di mana dia dan teknisinya akan membantu konsumen dalam menentukan pilihan,sembari menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing opsi yang ada.

Langkah pertama yang dilakukan Mansur adalah melihat model mobil milik konsumen dan menanyakan peruntukannya. Berdasarkan data itu, dia bisa membantu konsumen dalam menentukan pilihan terbaik.

“Pelanggan saya cukup banyak pengemudi ojol (ojek online) mobil, kalau peruntukannya seperti ini (membawa penumpang), pasti cocoknya adalah jok bagian belakang ditebalkan supaya penumpang nyaman,” ucap dia.

Menyoal harga, bengkel Surya Kencana Motor menawarkan banyak variasi mulai dari Rp 750.000 sampai Rp 4 jutaan.

“Harganya tentu tergantung model mobil dan jenis bahan yang digunakan. Untuk harga termurah ada di mobil jenis LCGC, mulai dari Rp 750.000 saja untuk jok depan dan belakang," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com