Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Akan Jual BBM Jenis Baru Bernama Bioetanol

Kompas.com - 07/06/2023, 14:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru campuran Pertamax dengan nabati etanol (bioetanol) di Juni 2023 ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, langkah terkait sebagai salah satu langkah transisi energi guna mewujudkan kemandirian energi Indonesia di samping menurunkan karbon emisi.

Bioetanol adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang dapat diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi. Etanol sendiri dapat dibuat dari tanaman-tanaman yang umum, salah satunya tebu.

Baca juga: Kenapa Pebalap MotoGP Turunkan Kaki Sebelum Menikung

Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax terbaru yang naik mulai 3 September 2022Freepik Harga Pertalite, Solar, dan Pertamax terbaru yang naik mulai 3 September 2022

"Jadi nanti kami di bulan ini, kami mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi pertamax kami campur dengan etanol," ucap Nicke dalam Media Briefing Capaian Kinerja 2022 yang disiarkan YouTube Pertamina, Selasa (6/6/2023).

Ia mengungkapkan proses pembuatan etanol dari tebu tidak akan mengganggu produksi dari pabrik gula. Pasalnya, pihaknya hanya akan mengambil tetes tebu, sehingga tidak rebutan dengan pabrik gula.

Selain itu, bioetanol juga bisa dibuat dari singkong dan jagung yang sumber daya-nya cukup besar di Tanah Air.

"Etanolnya dari molasses tebu, ini nanti rebutan nggak dengan pabrik gula? Tidak, ini cuma tetes tebu saja, jadi pabrik gula jalan ada tetes tebunya dan potensi kita besar. Selain itu juga bisa dibuat dari cassava, dari singkong, dari jagung juga," jelas Nicke.

Baca juga: Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok

Antrean panjang terjadi saat konsumen membeli BBM jenis Pertalite.KOMPAS.com/Dian Ade Permana Antrean panjang terjadi saat konsumen membeli BBM jenis Pertalite.

"Jadi kami akan terus lakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati," tambahnya.

Melalui terobosan ini, maka Pertamina akan mengedarkan dua BBM campuran dari bahan nabati ,setelah sebelumnya sudah mengedarkan Biodiesel 35 persen (B35).

Biodiesel sendiri, merupakan campuran bahan bakar nabati berbasis minyak kelapa sawit, yaitu Fatty Acid Methyl Esters (FAME).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com