Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia kini menjadi salah satu penyelenggara ajang balap paling bergengsi di dunia baik roda dua dan roda empat, mulai dari MotoGP, WorldSBK, dan juga balapan mobil listrik Formula E.

Tentu saja ada harapan bahwa Indonesia tidak sekadar jadi tuan rumah penyelenggara, tapi juga bisa mencetak pebalap-pebalap top yang nantinya berlaga di tiga kejuaraan dunia tersebut.

Baca juga: Ban Mobil Pilihan Para Off Roader di Indonesia

Seperti yang disebutkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan, yang ingin suatu saat ada pebalap Indonesia yang bisa berlaga di Formula E.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menonton balap Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Penyelenggaraan hari kedua pada Minggu (4/6/2023). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menonton balap Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Penyelenggaraan hari kedua pada Minggu (4/6/2023).

"Saya si ingin, cuma memang tadi saya nanya ke Alberto (Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo), setiap tim itu harus (menyediakan dana) Rp 50 juta - Rp 70 juta euro (buat ikut balap)," kata Menpora di Sirkuit Ancol, Minggu (4/6/2023).

"Jadi memang ini olahraga yang sangat mahal, ya semoga ada tim yang bisa melihat potensi yang bisa melihat pebalap lokal kita untuk jadi pebalapnya," ujar Menpora.

Bicara pebalap Indonesia terutama pebalap mobil sebetulnya tidak buruk, bahkan Indonesia punya beberapa nama besar yang sering dijadikan acuan pebalap lain saat meniti karier yaitu Rio Haryanto, Sean Gelael, dan Ananda Mikola.

Baca juga: Menpora Beri Restu kalau Formula E Jadi Balapan Malam

Mobil balap listrik dalam ajang Formula E Jakarta 2023 tengah melintas Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta.Dok. Electronic City Mobil balap listrik dalam ajang Formula E Jakarta 2023 tengah melintas Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta.

Rio Haryanto pernah membalap di dalam ajang Formula Satu bersama dengan tim Manor Racing pada musim 2016. Rio merupakan pebalap Indonesia pertama dalam sejarah yang menjajal mobil Formula Satu.

Kemudian Muhammad Sean Ricardo Gelael alias Sean Gelael, pernah berlaga di FIA Formula 2 Championship dan sekarang bergabung bersama W Racing Team di ajang World Endurance Championship.

Ananda Mikola pernah tampil di ajang Formula 3000 dari 1999-2001 dan menjadi juara Asian F3 pada musim 2005. Ananda juga pernah membela A1 Indonesia di ajang A1GP pada musim 2005-2007.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com