Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Belum Mau Jualan Mobil Sport Z400

Kompas.com - 05/06/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Z Coupe atau Z400 sudah banyak dijual di berbagai daerah, termasuk Eropa dan Amerika. Generasi penerus dari 370Z ini bahkan sudah hadir di Indonesia, tapi didatangkan oleh Importir Umum (IU).

Tan Kim Piauw, CEO PT Nissan Motor Distributor Indonesia sebenarnya melihat pasar mobil segmen C dan D seperti sport car di Indonesia cukup bertumbuh bagus saat ini.

"Banyak brand membawa segmen mobil mewah ke pasar Indonesia. Hebatnya malah inden, siapapun yang masukin mobil mewah habis, punya daftar antre yang cukup panjang," kata dia di Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Nissan Fokus Kembangkan Produk Lain, Biarkan Livina Tetap Apa Adanya

Nissan Z Copue atau Z 400 untuk pasar AmerikaNISSANUSA.com Nissan Z Copue atau Z 400 untuk pasar Amerika

Tapi sayangnya, untuk Indonesia membawa masuk Nissan Z terbaru ke Indonesia rasanya sulit dilakukan Nissan Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan jatah permintaan di negara lain.

"Di Indonesia kita belum masuk ke segmen itu (sport). Seperti GTR dua tahun lalu pernah kita pamerkan, dan kita sempat bicara (ke prinspal) ini banyak yang tanya, banyak yang minta, tapi kita belum dapat kesempatan itu," ucap Tan.

Sebenarnya Tan merasa sayang kalau mobil tersebut bukan dijual oleh ATPM, tapi dari IU. Tapi semuanya kembali lagi ke pertimbangan prinsipal di Jepang.

Baca juga: PO Haryanto Luncurkan Bus Baru Model Kaca Depan Unik


"Mereka mempertimbangkan banyak sisi, seperti kapasitas suplai secara resmi ke tempat kita. Mereka mungkin segmen mobil seperti GTR (atau Z) itu ada prioritas di beberapa daerah, seperti pasar Eropa dan Amerika kan sangat kuat," ucap Tan.

Soal Nissan Z, mobil coupe atau dua pintu ini merupakan generasi penerus 370Z. Mobil dengan konsep modern retro tersebut menggunakan mesin 3.000cc V6 dengan turbo yang menghasilkan 400 TK dan torsi 476 Nm.

Mobil sport tersebut uniknya masih menyediakan transmisi manual enam percepatan. Sedangkan harganya untuk pasar Amerika mulai 40.990 Dollar atau setara Rp 614 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com