Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Sederhana Toyota Veloz Lawas, Tampil Ceper dan Elegan

Kompas.com - 30/05/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza dan Veloz lawas sampai saat ini masih menjamur di jalan Ibu Kota. Pasalnya, mobil ini terkenal memiliki mesin yang bandel dan irit, serta mampu menampung penumpang hingga tujuh orang.

Agar tidak ketinggalan jaman, tak jarang pemilik Toyota Avanza atau Veloz generasi lama yang melakukan modifikasi pada mobilnya.

Salah satunya seperti Toyota Veloz lansiran 2013 milik Muhamad Ihsan. Pria yang akrab disapa Ihsan ini melakukan modifikasi pada mobil yang mendapat julukan sejuta umat ini agar tampil lebih modern dan elegan.

Baca juga: Kreator Konten Digeruduk Massa, Pengamat Sebut Negur Pemotor Mesti Sopan

“Mobil Toyota Veloz ini tahun 2013 dan dibeli pada tahun yang sama. Awalnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan juga sempat jadi taksi online selama 2 tahun. Tapi dari awal sampai sekarang saya yang pegang jadi pelan-pelan saya modifikasi sesuai budget,” ucap Ihsan, kepada Kompas.com, Senin (29/5/2023).

Modifikasi Toyota VelozDok pribadi Muhamad Ihsan Modifikasi Toyota Veloz

Pria yang memiliki hobi modifikasi ini pun akhirnya memutuskan untuk memilih konsep stance, agar tampilan mobilnya tetap terlihat sederhana namun elegan.

“Kenapa memilih konsep ini karena saya mau berbeda dari yang lain dan enak dilihat saja, tapi balik lagi ke pengguna kan selera orang berbeda-beda,” kata pria berusia 32 tahun itu.

Adapun ubahan pada mobil Ihsan meliputi bagian eksterior, interior hingga kaki-kaki.

Pada bagian eksterior, Ihsan mengganti headlamp standar dengan merek aftermarket sehingga tampilannya lebih modern. Kaca spion sudah di upgrade menggunakan milik Avanza tahun 2023, lengkap dengan penambahan side skirt, spoiler.

“Bagian belakang ubahannya meliputi stoplamp, trunklid, reflektor lampu bagasi juga sudah saya upgrade ke Veloz 2020,” ucap Ihsan.

Tampilan mobil ini semakin mewah dan elegan berkat penyematan sunroof milik Honda Odyssey RB1 dan moonroof milik Kia Carnival.

Baca juga: Pasutri Asal Indonesia Bawa Toyota Veloz Tembus Wilayah Dingin China, Suhu 3 Derajat Celsius

Modifikasi Toyota VelozDok pribadi Muhamad Ihsan Modifikasi Toyota Veloz

Berlanjut ke bagian kaki-kaki, pria asal Jakarta itu merubah PCD ke 5x114, menggunakan pelek Toyota Innova Zenix tipe Q hybrid dengan lebar 7 ET 45 ring 18. Dibalut ban Accelera Phi ukuran 204/40.

“Mobil ini juga sudah saya buat lebih ceper, dan ganti coilover,” ucap Ihsan.

Sementara pada bagian interior, Ihsan melakukan modifikasi audio yang lebih diperuntukkan untuk pemakaian harian.

“Headunit saya pakai Pioneer AVH-ZL5150BT, speaker pintu dan 3way saya pakai Crescend. Kemudian untuk power pakai Venom, subwoofer JBL 12 inci. Lalu saya ganti setir pakai Innova Reborn Venturer panelwood,” kata pria asal Jakarta tersebut.

Modifikasi Toyota VelozDok pribadi Muhamad Ihsan Modifikasi Toyota Veloz

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Mazda MX-5 RF 2022 di Jalan Perkotaan

Bicara soal biaya dan waktu modifikasi, Ihsan mengaku membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 tahun, dengan menghabiskan dana sekitar Rp 50 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com