Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Regulasi Penyeragaman Konektor Charger Mobil Listrik

Kompas.com - 23/05/2023, 12:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mempercepat program elektrifikasi nasional, pemerintah berencana melakukan penyeragaman jenis konektor cas yang digunakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) yang dipasarkan di Indonesia.

Regulasi tersebut diharapkan mampu mempermudah konsumen di kedepannya dan akan diterapkan untuk semua KLBB, baik itu motor atau mobil listrik.

Moeldoko, Ketua Umum Periklindo sekaligus Kepala Staf Kepresidenan menjelaskan, ada cukup banyak jenis charger yang bisa ditemukan di kendaraan listrik. Oleh karenanya, butuh penyeragaman supaya penggunaanya mudah.

“Charger mobil kan banyak sekali, karena memang standar di luar berbeda beda. China punya standar sendiri, AS punya sendiri, eropa juga. Kalau tidak diseragamkan (di Indonesia) bisa bikin bingung konsumen,” ujarnya kepada Kompas.com (Minggu 21/5/2023).

Baca juga: Kemenhub Ungkap 3 Alasan Populasi Mobil Listrik di Indonesia Masih Sedikit

Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLUKompas.com/Donny Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU

Selain bisa membantu masyarakat, penyeragaman cas mobil listrik juga akan membantu pemerintah dalam penerapan stasiun pengisian kendaraan umum (SPKLU).

“Kalau tipenya sama (cas mobil listrik), nanti konsumen enggak perlu bingung saat hendak mengecas, karena sudah didukung semua SPKLU,” ucapnya.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), juga menyampaikan hal serupa. Menurutnya, penyeragaman cas mobil listrik bisa dianggap sebagai satu langkah standarisasi.

“kami (kemenhub) sudah mendiskusikan soal ini. Mungkin akan dijadikan agenda untuk nanti,” ucapnya.

Baca juga: Mobil Listrik Sempat Inden Panjang, Awal 2023 Mulai Akumulasi

Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Untuk diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan tiga tipe cas SPKLU untuk KLBB. Ketiganya yaitu tipe 2 AC Charging, DC Charging CHAdeMo, dan DC Charging Combo Type CCS2.

Menimbang adanya potensi penyeragaman cas yang akan diterapkan, tidak menutup kemungkinan jika kedepannya hanya satu tipe charging connector saja yang akan digunakan mobil listrik di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com