Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Kebakaran Baterai EV Hampir Mustahil Dipadamkan | Harga Ban Bugatti Veyron | Dishub Tutup U-Turn

Kompas.com - 20/05/2023, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran pada kendaraan listrik ternyata hampir sulit untuk dipadamkan. Panas yang dihasilkan dari api tersebut bisa mencapai 2.000 derajat Celcius.

Kemudian, tak sedikit juga yang penasaran dengan harga ban Bugatti Veyron. Ternyata, harga ban tersebut juga bisa bikin Raffi Ahmad terkejut.

Selain itu, banyak juga pembaca yang ingin mengetahui berita tentang penutupan u-turun oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler, Jumat (19/5/2023):

1. Api 2.000 Derajat Celsius, Kebakaran EV Hampir Mustahil Dipadamkan

APAR khusus kendaraan listrik memiliki komposisi yang berbeda dengan APAR pada umumnyaKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy APAR khusus kendaraan listrik memiliki komposisi yang berbeda dengan APAR pada umumnya

Mitigasi risiko pada kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), merupakan suatu aspek yang penting untuk memastikan keamanan penggunaan sepeda motor maupun mobil listrik, terkhusus ketika terjadinya kebakaran.

Sebab, dijelaskan oleh CEO PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) Willy Hadiwijaya, api yang ditimbulkan dari baterai lithium ion memiliki daya sembur api mencapai 1.600 hingga 2.000 derajat celsius.

Baca juga: Api 2.000 Derajat Celsius, Kebakaran EV Hampir Mustahil Dipadamkan

2. Beli BBM Subsidi di Jakarta Wajib Daftar MyPertamina per 25 Mei 2023

ilustrasi pertalite.KOMPAS.com/STANLY RAVEL ilustrasi pertalite.

Mulai 25 Mei 2023, Pertamina akan mewajibkan masyarakat yang beli bahan bakar minyak (BBM) subsidi untuk terdaftar di MyPertamina, khususnya solar. Tapi, bagaimana dengan pembeli Pertalite?

Pembatasan penyaluran ini, sesuai dengan ketentuan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Nomor 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Baca juga: Beli BBM Subsidi di Jakarta Wajib Daftar MyPertamina per 25 Mei 2023

3. Raffi Ahmad Kaget Saat Tahu Harga Satu Ban Bugatti Veyron Rp 200 Juta

Bugatti Veyron yang dipajang di stan Prestige saat hari ketiga penyelenggaraan Indonesia Internatuonal Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Bugatti Veyron yang dipajang di stan Prestige saat hari ketiga penyelenggaraan Indonesia Internatuonal Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Bugatti menjadi merek mobil yang terkenal dengan kendaraan yang super kencang namun punya kenyamanan tingkat tinggi. Misal Bugatti Veyron yang punya top speed lebih dari 400 Kpj namun kabinnya tetap mewah.

Indonesia pernah kedatangan Bugatti Veyron dan dipamerkan oleh Prestige Image Motorcars. Mobil berkelir biru dan silver tersebut memang model lama, tapi harga jualnya tetap fantastis yakni lebih dari Rp 60 milyar di 2018.

Baca juga: Raffi Ahmad Kaget Saat Tahu Harga Satu Ban Bugatti Veyron Rp 200 Juta

4. Agar Tidak Kena Tipu, Begini Ciri-ciri Aki Rekondisi

Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.Kompas.com/Erwin Setiawan Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.

Aki rekondisi banyak dijumpai di pasaran karena memang harganya lebih murah jika dibandingkan dengan aki baru. Bekas rekondisi tentu saja sah digunakan oleh pemilik mobil, karena bagaimanapun baterai tersebut aman digunakan.

Namun, yang justru menjadi masalah adalah ketika penjual aki rekondisi tersebut tidak menginformasikan terkait kondisinya. Sehingga, bisa saja aki rekondisi dianggap sebagai aki baru oleh sebagian orang.

Baca juga: Agar Tidak Kena Tipu, Begini Ciri-ciri Aki Rekondisi

5. Dishub Tutup U-Turn, Berlakukan Sistem Satu Arah di Jakarta

Kondisi putaran balik (u-turn) yang kini ditutup menggunakan beton di pertigaan Pasar Santa, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023) siang.KOMPAS.com/JOY ANDRE T Kondisi putaran balik (u-turn) yang kini ditutup menggunakan beton di pertigaan Pasar Santa, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2023) siang.

Dalam rangka mengatasi kemacetan lalu lintas di sejumlah lokasi, Dishub DKI melalui jajaran Sudin Perhubungan Jakarta Selatan, melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan sistem satu arah (SSA) dan penutupan U-Turn atau putaran jalan.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Bernad Octavianus Pasaribu mengatakan sistem satu arah (SSA) akan diberlakukan di Jalan Pondok Pinang 3, Jalan H Muhi Raya sampai dengan Gang Bidan, Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Dishub Tutup U-Turn, Berlakukan Sistem Satu Arah di Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com