Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Klaim Konsumsi BBM Yaris Cross Hybrid Tembus 30 Kpl

Kompas.com - 16/05/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan Yaris Cross di Jakarta pada Senin (15/5/2023).

Berstatus world premiere, kendaraan ini hadir dengan dua pilihan mesin yaitu 2NR-VE untuk varian bensin yang mampu merilis tenaga 78 kW/104,6 hp dan torsi 138 Nm.

Serta, mesin 2NR-VEX dengan baterai lithium ion yang motor listriknya berdaya 59 kW/79 hp dan torsi 141 Nm.

Baca juga: Alasan Toyota Yaris Cross Belum Punya Harga Resmi

Terkait mesin hybrid yang disematkan pada Yaris Cross, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengklaim bahwa tingkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada mobil tersebut tembus 30 Kilometer per liter (Kpl).

Mesin Toyota Yaris Cross HybridToyota Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid

“Hasil tes internal kami dan teman-teman engineer di Jepang, bahan bakarnya itu 1:30. Kalau kita bayangkan 10 tahun yang lalu itu konsumsi bahan bakar sepeda motor, ini sudah menjadi konsumsi bahan bakar mobil,” ucap Anton, Senin (15/5/2023).

Menurut Anton, hasil ini tak terlepas dari teknologi canggih yang disematkan pada Yaris Cross, sehingga memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik serta mengurangi emisi gas buang.

“Konsumen sudah harus mengerti dan mulai membayangkan bahwa mobil yang ada di Indonesia teknologinya sudah sedemikian canggih. Sehingga pengurangan emisi dan bahan bakar ini sudah sangat jauh. Kalau dulu (konsumsi BBM) mobil 1:10 saja sudah lumayan, sekarang sudah 1:20 atau 1:30,” kata Anton.

Baca juga: Siap Ekspor, Yaris Cross Hybrid Susul Kijang Innova Zenix Hybrid

Bicara soal harga, Yaris Cross kabarnya bakal dipasarkan di kisaran Rp 300 juta sampai Rp 400 juta dengan tiga varian yaitu tipe G, S, dan GR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com