Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Ekspor, Yaris Cross Hybrid Susul Kijang Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 15/05/2023, 18:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azzam, memastikan All New Yaris Cross Hybrid bakal menyusul Kijang Innova Zenix Hybrid untuk dipasarkan ke luar negeri.

Sehingga, kendaraan yang baru diluncurkan pada siang ini, Selasa (15/5/2023) tidak hanya jadi mobil listrik berteknologi hybrid kedua dari Toyota yang diproduksi di Indonesia. Tetapi juga akan menjadi kendaraan listrik kedua yang dijual ke mancanegara.

"Kalau sekali kita melangkah, kita juga harus sustain. Dalam artian tidak cuma diluncurkan saja tapi harus diperhatikan supply chain-nya. Kemudian kita tidak mau jadi market aja, jadi kita ekspor," kata Bob saat peluncuran Yaris Cross di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Komponen Lokal Yaris Cross Hybrid Tembus 80 Persen

Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)

Bob belum mau bisa memastikan volume ekspor dari Yaris Cross terbaru. Termasuk komposisi antara varian mesin bensin atau pun versi hybrid.

Apabila mengacu kecenderungan TMMIN, maka volume ekspor mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas ini berkisar di antara 1.000 unit sampai 1.500 unit.

"Biasanya (volume ekspor) itu fifty fifty (dengan volume domestik). Tadi yang dijelaskan oleh Pak Anton itu (Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor) hanya untuk domestik saja, yaitu 1.500 unit sampai 1.800 unit," kata Bob.

"Nanti pas produksi, kita kasih kepastiannya. Produksi secepatnya ya," ujar dia lagi.

Diketahui, Yaris Cross yang baru diluncurkan di Indonesia memiliki status world premiere. Kendaraan memiliki sejumlah perbedaan dibanding varian di Eropa maupun Jepang.

Baca juga: Toyota Yaris Cross Bidik Anak Muda Indonesia

Mesin Toyota Yaris Cross HybridKompas.com/Nanda Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid

Mobil ini bermain di segmen SUV ringkas kelas B, dengan rentang harga Rp 300 juta sampai Rp 400 juta.

Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern.

Bicara soal dimensi All New Yaris Cross memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm.

Tampilan eksterior Yaris Cross menyajikan voluminous body yang berisi dan gagah, dengan garis-garis karakter khas mengekspresikan penampilan solid dan tangguh.

Fascianya menampilkan siluet tajam bersama dengan grille trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda, dipadukan dengan lampu LED DRL, yang menunjukan kesan gagah khas mobil SUV.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Yaris Cross dan Yaris Cross Hybrid

Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)KOMPAS.com/ADITYO WISNU Toyota Yaris Cross resmi diperkenalkan di Indonesia, Senin (15/5/2023)

Pada bagian kabin, All New Yaris Cross terasa roomy dan sporty, dengan panel soft dashboard yang lebar sehingga terkesan mewah, menciptakan desain selaras dengan door trim yang memberikan kesan lapang.

Soal jantung pacu, All New Yaris Cross dilengkapi pilihan hybrid engine yang didampingi oleh opsi gasoline engine, di mana keduanya sama-sama berkapasitas 1.500 cc 4 silinder.

Dapur pacu hybrid sanggup menghasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang paling efisien tanpa mengorbankan performa.

Khusus varian hybrid, menggunakan baterai Lithium-Ion sebagai yang pertama pada Hybrid EV Toyota di Indonesia. Baterai ini memiliki keunggulan yakni lebih tahan suhu kerja ekstrem dan berukuran lebih kompak.

Penempatan baterai itu di bawah bangku penumpang belakang membuatnya tidak sampai mengurangi kapasitas bagasi atau kabin penumpang.

Adapun Kijang Innova Zenix Hybrid sudah melakukan debut ekspornya pada Februari 2023 lalu. Produk terkait menjadi mobil listrik buatan dalam negeri pertama yang dijual ke mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com