Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pakai Power Inverter di Mobil Saat Mudik Lebaran, Aki Bisa Soak

Kompas.com - 19/04/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membawa aksesori tambahan saat mudik biasanya dilakukan untuk menambah kenyamanan berkendara. Umumnya, yang dibawa berupa power inverter dan kulkas mini.

Power inverter digunakan untuk memperluas dan memperbesar tegangan DC 12 volt dari power outlet mobil menjadi tegangan AC 200 volt atau lebih. Penumpang menggunakan aksesori ini untuk mengecas daya banyak smartphone sekaligus.

Sedangkan kulkas mini biasanya digunakan oleh pemudik untuk mendinginkan makanan dan minuman konsumsi selama perjalanan ke kampung halaman.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, pemakaian kedua aksesori tersebut sangat tidak dianjurkan karena bisa memberikan tegangan yang berlebihan untuk mobil.

Baca juga: Motor Listrik United MX1200 Incar Kaum Urban

Power inverter 600 watt untuk mobilFlickr/Stewart Power inverter 600 watt untuk mobil

“Memang secara fungsi terlihat sangat bermanfaat, tapi secara efek jangka panjang, aksesori ini bisa memberikan kerusakan pada mobil,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Menurut dia, ada beberapa kerusakan yang bisa terjadi jika menggunakan aksesori elektronik tambahan di mobil. Pertama, sekring daya DC bisa putus.

“Kalau sekring putus, fungsi pengecasan daya power outlet otomatis mati dan enggak bisa digunakan. Harus diganti sekring yang baru,” kata Juni.

Kendala lainnya, yaitu aki mobil bisa soak, mengingat kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh aksesori elektronik cukup besar, bahkan melebihi batas daya power outlet standar.

“Supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan selama mudik, sebaiknya jangan memakai aksesori elektronik yang berlebihan,” kata Juni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com