Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Kondisi AC Mobil Harus Off Sebelum Mematikan Mesin?

Kompas.com - 10/05/2023, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mematikan mesin mobil setelah digunakan tentu saja mudah. Begitu kunci kontak diputar ke posisi off, maka jantung pacu akan mati karena sistem kelistrikan terputus sehingga tidak ada pengapian dan suplai bahan bakar.

Berdasarkan kabar yang beredar, mematikan mesin mobil ada aturannya salah satunya wajib menyetop AC terlebih dulu. Ada yang bilang agar komponen AC awet, mesin awet, aki awet dan sejenisnya.

Lantas, apakah benar AC harus off sebelum mematikan mesin?

Baca juga: Ketahui 3 Penyebab AC Mobil Bau Setelah Dipakai Mudik

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan mematikan AC sebelum menyetop mesin mobil tidak wajib, tapi ada keuntungannya ketika dilakukan.

“Matikan mesin dalam kondisi AC masih hidup boleh saja, kan dengan mesin mati maka sistem AC mobil akan berhenti dengan sendirinya, dari sisi komponen AC sih aman saja ya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Kelebihan mematikan AC terlebih dulu sebelum mematikan mesin sebenarnya terletak pada faktor antisipasi terhadap keawetan mesin.

Baca juga: Apakah Benar AC Mobil Mesin Diesel Lebih Dingin ketimbang Bensin?

Hardi mengatakan ketika AC mobil dimatikan maka kipas radiator atas dasar perintah sistem AC akan terputus, sehingga satu-satunya perintah berasal dari mesin.

“Ketika kipas masih berputar, dengan AC mati, maka itu artinya suhu mesin masih cukup tinggi sehingga kipas masih saja terus berputar untuk mendinginkan, jangan sampai kondisi seperti itu mesin langsung dimatikan,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, ketika suhu mesin masih tinggi, lalu mesin dimatikan maka komponen mesin tidak akan mendapatkan pendinginan secara tuntas. Kondisi itu akan meningkatkan risiko terjadinya pemuaian kepala silinder dan blok mesin.

Baca juga: Mitos atau Fakta, AC Mobil Harus Dimatikan jika Ada Penumpang Sakit

“Khususnya bila mobil tersebut sering mengalami kenaikan suhu, maka cara mematikan mobil yang kurang tepat itu bisa membuat kerusakan pada kepala silinder, lebih mudah melenting, akhirnya akan membuat mesin rusak,” ucap Hardi.

Jadi, tujuan mematikan AC sebelum mematikan mesin adalah untuk memastikan apakah suhu mesin masih tinggi atau sudah dingin. Jika kipas sudah mati, artinya mesin sudah dingin dan baru aman untuk dimatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com