Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Kemungkinan Pabrik Chery di Indonesia Ekspor Mobil Setir Kiri

Kompas.com - 09/05/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) menyampaikan komitemennya untuk memasarkan produknya di Tanah Air. Salah satunya dengan rencana membangun pabrik dan melakukan ekspor.

Untuk diketahui, saat ini Chery menggunakan fasilitas milik rekannya yakni PT Handal Indonesia Motor di Bekasi untuk memproduksi Omoda 5, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro.

Nantinya, perseroan berniat untuk memulai ekspor mobil setir kanan saat pabriknya sudah mulai beroperasi.

Baca juga: Pengembangan Kendaraan Listrik Bersama di ASEAN Sudah Disetujui

Shawn Xu, President PT CSI mengatakan, Indonesia akan menjadi pusat produksi mobil setir kanan. Mobil-mobil tersebut akan diekspor ke seluruh negara yang menganut setir kanan seperti Australia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

“Indonesia bisa menjadi pusat produksi setir kanan nantinya. Itu akan diekspor ke negara-negara setir kanan di dunia,” ucap Shawn saat ditemui Kompas.com, di kawasan Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023).

Chery Tiggo 9KOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Tiggo 9

Kendati demikian, Shawn melanjutkan, tak menutup kemungkinan kedepannya Indonesia bakal mengekspor setir kiri ke negara lain. Terlebih, kebanyakan negara di dunia saat ini menganut posisi berkendara di sebelah kiri.

Selain itu, menurut Shawn, dalam memproduksi mobil setir kiri tidak sulit untuk dilakukan.

“Itu tidak sulit dilakukan (memproduksi mobil setir kiri), itu mudah,” kata Shawn.

Baca juga: Ini GPS Tracker dengan Fitur Live Camera

Seperti diketahui, saat ini Chery memproduksi Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro dan Omoda 5 di dalam negeri, tepatnya di fasilitas assembling milik Hyundai terdahulu yakni PT Handal Indonesia Motor, Bekasi, Jawa Barat.

Rencananya, ke depan Chery juga akan mendirikan pabrik sendiri dan pusat penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com