Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang KTT ASEAN 2023, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Labuan Bajo

Kompas.com - 07/05/2023, 09:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Acara kenegaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), rencananya akan berlangsung pada 9-11 Mei mendatang.

Korlantas Polri pun mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi acara, untuk memperlancar arus kendaraan selama kegiatan berlangsung.

Salah satunya di simpang BNI Jalan Soekarno-Hatta, dengan sistem buka-tutup dan perubahan flow arus lalu lintas.

Baca juga: Mobil Menteri BUMN Erick Thohir Nyangkut di Jalan Rusak Lampung

Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.Dok. Wuling Puluhan unit Wuling Air ev akan mengemban tugas sebagai Official Car Partner KTT ASEAN 2023 yang akan mendukung mobilitas para delegasi mulai dari tanggal 9-11 Mei 2023.

“Antara jalan Soekarno-Hatta dan jalan Tongkol saat ini diberlakukan perubahan arus rekayasa, biasanya arus dari Hotel Meurorah ke Simpang BNI, ini sebaliknya dari Simpang BNI menuju Meurorah sampai Kampung Ujung,” ujar Aan, dilansir dari NTMC Polri (6/5/2023).

Menurut Aan, rekayasa lalu lintas di jalan tersebut tidak akan dilakukan permanen. Namun hanya saat para delegasi akan melintas dua jam sebelumnya selama pelaksanaan pengamanan KTT ASEAN berlangsung.

“Sebagai informasi pada saat kegiatan ASEAN Summit kita akan sedikit melakukan perubahan flow arah yang menuju ke hotel Meurorah,” ucap Aan.

Baca juga: Simulasi Kredit Honda Brio Facelift, Cicilan mulai Rp 3 Jutaan

“Namun penutupan ini akan kita lakukan pada J-2. Setelah delegasi masuk ke hotel Meurorah kita akan normalkan namun arahnya tetap kita arahkan dari Simpang BNI menuju ke arah Meurorah,” ujarnya.

Aan juga mengatakan, rekayasa ini dilakukan dalam rangka menjaga keamanan para delegasi dan kepala negara yang hadir di KTT ASEAN Summit Labuan Bajo.

Rekayasa lalu lintas yang kita berlakukan ini untuk memperlancar arus lalu lintas para delegasi, untuk keselamatan delegasi dan untuk kelancaran lalu lintas di Labuan Bajo,” kata Aan.

Baca juga: Viral, Video pengendara Motor Nekat Terobos Jalan Cor yang Masih Basah

Terminal Multipurpose Labuan Bajo menerima 200 mobil listrik yang akan digunakan sebgai kendaraan operasional pada KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT. DOK. Pelindo Terminal Multipurpose Labuan Bajo menerima 200 mobil listrik yang akan digunakan sebgai kendaraan operasional pada KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT.

Selain di Simpang BNI, Satgas Walrolakir juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa titik lokasi, seperti di jalan Bandara, Puncak Waringin, Simpang Brundi sampai ke Binongko.

“Satgas kita siap memberikan kenyamanan untuk para delegasi, kenyamanan untuk masyarakat. Dan kita selalu mengutamakan masyarakat,” ucap Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com