Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Radiator Terlihat Penuh Setelah Perjalanan, Normalkah?

Kompas.com - 30/04/2023, 15:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Air radiator pada mobil merupakan elemen penting dalam sistem pendingin mesin. Maka dari itu, tidak sedikit pengguna mobil yang rajin memeriksanya baik sebelum perjalanan maupun setelah perjalanan.

Jika diamati, jumlah air radiator di tangki cadangan bisa penuh atau melebihi batas maksimal setelah mobil digunakan terutama setelah perjalanan jauh seperti mudik.

Jika air radiator mobil mengalami peristiwa demikian, apakah itu normal?

Baca juga: Kipas Radiator Mobil Baru Berputar Bila AC Aktif, Amankah?

Upper tank radiator Suzuki Katana Dicky Aditya Wijaya Upper tank radiator Suzuki Katana

Foreman Aha Motor Yogyakarta Aji Dwi Nugroho mengatakan volume air radiator memang bisa mengalami peningkatan setelah mobil digunakan, terutama jika sampai membuat mesin mengalami kenaikan suhu.

“Siklus air radiator ketika panas bisa saja mengalir ke tangki cadangan, sehingga volumenya seakan-akan bertambah, tapi sebenarnya tidak karena ketika di dalam radiator vakum atau membutuhkan air akan tertarik masuk kembali,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Aji mengatakan tutup radiator yang mengambil peran tersebut, sehingga air radiator bisa mengalir ke tangki cadangan ketika dari mesin bertekanan tinggi atau panas.

Baca juga: Jangan Salah, Periksa Air Radiator Wajib dari Tangki Cadangan

Tabung Reservoir Radiator Kijang InnovaKompas.com Tabung Reservoir Radiator Kijang Innova

Peristiwa tersebut ada kaitannya dengan angka yang tertera di tutup radiator, yakni 0,9 atau 1,1. Angka tersebut merupakan batas tekanan maksimal yang akan membebani saluran air radiator.

“Bila tekanan air sudah mencapai limitnya, maka tutup radiator akan tertekan sehingga aliran menuju tangki cadangan, ini biasa terjadi dan termasuk normal selama tidak ada gejala lain yang menandakan masalah,” ucap Aji.

Aji mengatakan, bila memang di dalam radiator air berkurang maka akan terjadi kevakuman. Secara otomatis, air di dalam tangki cadangan akan mengalir masuk ke dalam radiator sehingga volume di tangki cadangan kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com