Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Suhu Mesin Mobil Dikatakan Overheat

Kompas.com - 28/04/2023, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Suhu mesin mobil memang seharusnya selalu berada pada kisaran idealnya saat kerja, antara 80-97 derajat celcius.

Jika diamati dengan seksama, ketika perjalanan mudik ke kampung halaman bisa saja suhu mesin naik melebihi batas tersebut, khususnya ketika mobil melewati tanjakan.

Bahkan, beberapa pengendara mobil ada yang memasang multi information display (MID) tambahan pada ponsel yang terhubung dengan soket on-board diagnostics (OBD). Sehingga, angka suhu mesin dapat termonitor dengan lebih detail.

Baca juga: Suhu Mesin Naik Saat Mobil Melewati Tanjakan

Indikator suhu mesinKompas.com/Erwin Setiawan Indikator suhu mesin

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan kenaikan suhu mesin masih ada batas toleransinya, khususnya ketika mesin dipacu dengan beban yang lebih berat daripada biasanya.

“Suhu mesin masih dikatakan normal sampai 100 derajat celcius, atau temperatur pada MID bawaan mobil menunjukkan setengah, di atas setengah biasanya 104 derajat celcius sudah tiga perempat, di atas 110 sudah mendekati penuh atau lampu suhu merah menyala,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Ibrohim mengatakan, bila suhu mesin sudah menyentuh angka 104 derajat celcius pengendara perlu waspada, jika diperlukan menghentikan laju kendaraan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Sensor Suhu Mesin Rusak Bikin Boros BBM?

Mesin mobil DFSK Glory i-AutoDOK. DFSK Mesin mobil DFSK Glory i-Auto

“Di atas 104 derajat celcius, kemampuan mesin sudah drop, tarikan menjadi loyo, ngelitik dan temperatur akan lebih cepat naik bila dipaksakan jalan, maka dari itu batas toleransinya di angka 104 atau setengah,” ucap Ibrohim.

Menurut Ibrohim, meski mesin masih bisa bekerja dalam artian belum sampai macet karena overheat, sebaiknya pengemudi melakukan langkah preventif sehingga komponen mesin masih bisa terselamatkan.

Dia juga mengatakan standar suhu mesin ideal adalah 80-97 derajat celcius, di luar itu sebenarnya bisa dikatakan mesin telah mengalami overheat. Hanya saja, tidak semua kondisi overheat ini berbahaya selama suhu masih dapat dikendalikan oleh sistem pendingin mesin.

Baca juga: Mesin Overheat Bisa Bikin Mobil Terbakar?

Jadi, seperti itu batas suhu mesin saat bekerja, dengan demikian pengguna mobil dapat lebih waspada saat berkendara karena memperhatikan suhu kerja mesin adalah poin penting dalam menjaga kesehatan komponen dapur pacu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com