Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar dari MotoGP, Suzuki Siapkan Hayabusa GP Edition

Kompas.com - 12/09/2022, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak ingin mengecewakan para penggemarnya, setelah mundur dari MotoGP, Suzuki telah menyiapkan model spesial dari moge ikonik Suzuki Hayabusa.

Disitat dari Twitter @suzukimotogp (12/9/2022), Suzuki Hayabusa GP Edition hadir dalam ajang Autolook Week di Torino, Italia, pada 7-11 September 2022.

Kehadiran motor hyperbike edisi spesial ini menjadi salah satu tanda perpisahan dari Suzuki buat konsumen.

Baca juga: Deretan Moge Terbaru Honda yang Meluncur Tahun Depan

Pameran Autolook Week di Torino sengaja digelar, salah satunya untuk meramaikan balap MotoGP San Marino dan F1 GP Italia di Sirkuit Monza, yang telah berlangsung akhir pekan lalu.

Selain Hayabusa GP Edition, pada pameran tersebut ada juga motor balap legendaris 2-tak Suzuki seperti RG500, serta tentu saja GSX-RR milik Alex Rins dan Joan Mir yang dipakai di MotoGP.

Sementara itu, melihat tampilan Hayabusa GP Edition, motor ini diberi kelir dan grafis, serta stiker sponsor khas motor tim balap pabrikan Suzuki Ecstar MotoGP.

Baca juga: Luhut Ingin Percepat Peralihan Penjualan Kendaraan Bermotor ke Listrik

Di samping memakai kombinasi warna biru silver, tersedia pilihan aksen merah dengan nomor balap 42 milik Alex Rins, atau kuning bernomor balap 36 milik Joan Mir.

Ubahan pada Hayabusa GP Edition berlanjut pada penyesuaian pada spek yang menyesuaikan dengan tampilan layaknya motor balap.

Seperti pada bagian headlamp, lampu sein, spion, dudukan pelat nomor yang absen. Sementara saluran gas buang terpasang knalpot full system Akrapovic yang menggantikan knalpot bawaan.

Baca juga: Kecelakaan Bus Pariwisata, Banyak Bus Tidak Laik Jalan dan Tetap Beroperasi

Mengenai spek teknis, dapur pacu masih identik dengan Hayabusa standar, yang bermesin 1.340 cc DOHC 4 silinder segaris 188 tk pada 9.700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7.000 rpm.

Meski begitu, belum bisa dipastikan apakah motor tersebut hanya untuk dipamerkan, atau bakal dilepas ke pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com