Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis Pemprov DKI Memberangkatkan 24.164 Penumpang

Kompas.com - 18/04/2023, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melepas keberangkatan bus yang akan mengangkut para pemudik dari Jakarta menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi melalui program Mudik Gratis Jakarta 2023.

Mengambil tema “Mudik Nyaman, Silaturahmi Lancar”, Pemprov DKI Jakarta telah melepas 284 bus yang mengangkut 13.541 penumpang untuk mudik dari Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengatakan, dari hasil verifikasi terhitung sebanyak 24.164 pemudik yang siap diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masing.

Baca juga: Pemudik Jangan Tidur di Dalam Mobil yang Berhenti dengan Mesin dan AC Menyala

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah melepas keberangkatan para peserta mudik gratis pada Lebaran 2023 di Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023) pagi. KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah melepas keberangkatan para peserta mudik gratis pada Lebaran 2023 di Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023) pagi.

"Berdasarkan hasil klarifikasi dan verifikasi, pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sebanyak 28.506 pendaftar,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (17/4/2023).

“Oleh karena itu kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi, dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (yang memenuhi persyaratan)," kata dia.

Menurut Syafrin, jumlah tersebut naik 25,3 persen dari target yang telah ditetapkan, sehingga terdapat penambahan 18 armada bus dari 482 bus menjadi 500 bus untuk armada arus mudik dan arus balik.

Baca juga: DAMRI Punya Bus Baru Rakitan Gunung Mas

Program Mudik Gratis 2023 akan mengantarkan penumpang dengan tujuan Bandar Lampung (Lampung), Palembang (Provinsi Sumatera Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat).

Kemudian Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Provinsi Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Provinsi Jawa Timur).

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta juga memberangkatkan 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulogadung menuju tujuh kota seperti Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika 2023; Rins Bawa Honda Juara, 9 Pebalap Kecelakaan

Suasana para peserta mudik gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diberangkatkan dari Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana para peserta mudik gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diberangkatkan dari Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

Penyelenggaraan arus balik penumpang ditargetkan akan mengangkut sebanyak 10.623 penumpang menggunakan 216 bus dari 19 kota asal pemberangkatan menuju Terminal Terpadu Pulogebang.

Sehingga total penumpang yang mengikuti program Mudik Gratis Jakarta 2023 sebanyak 24.164 penumpang mudik dan balik.

Sedangkan arus balik kendaraan akan dilakukan pada 27 April 2023 dari sembilan kota tujuan ke Terminal Pulogadung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com