Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Fungsional, Catat Jam Operasional Tol Cisumdawu

Kompas.com - 18/04/2023, 03:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari sebelum Lebaran 2023, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Cisumdawu (Cisumdawu), Jawa Barat, mulai dibuka dan bisa dilalui kendaraan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan, Tol Cisumdawu bakal mendukung kelancaran lalu lintas saat Mudik Lebaran 2023.

Khususnya buat masyarakat dari arah Bandung menuju Tol Cipali, untuk meneruskan perjalanan ke Tol Trans Jawa, tanpa harus memutar lewat Tol Cipularang.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Dikejar Polisi di Jalan Tol

Tol Cisumdawu.Dok. Kementerian PUPR. Tol Cisumdawu.

Meski begitu, karena dibuka fungsional, Tol Cisumdawu punya keterbatasan. Salah satunya belum aktif 24 jam, walaupun selama beroperasi fungsional masih tanpa tarif alias gratis.

Keputusan ini dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, dan memastikan keamanan serta kelancaran saat tol beroperasi fungsional.

“Saya juga mengingatkan kembali terkait Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional mulai 08.00 s.d. 15.00 WIB dan dibatasi hanya untuk 1.000 kendaraan per jam,” ucap Budi Karya, dalam keterangan tertulis (17/4/2023).

Baca juga: Pemudik Jangan Tidur di Dalam Mobil yang Berhenti dengan Mesin dan AC Menyala

Sementara itu, saat ini jalur fungsional Tol Cisumdawu yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur dari Bandung yang mengarah ke Tol Cipali. Sedangkan Jalur B pengerjaannya belum sepenuhnya rampung.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, mengatakan, tol fungsional itu bisa digunakan mulai dari Gerbang Tol (GT) Cimalaka hingga GT Ujung Jaya.

“Pada saat arus mudik, berlaku satu arah dari Bandung menuju Dawuan Cipali, sedangkan saat arus balik berlaku satu arah dari arah Dawuan Cipali menuju Bandung,” ujar Indra, dilansir dari NTMC Polri (17/4/2023).

Baca juga: Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Selama Mudik, Tarif Masih Gratis

Indra mengingatkan, pengguna Tol Cisumdawu apabila merasa lelah dalam perjalanan maka disarankan untuk beristirahat di rest area yang telah disediakan.

Dia menjelaskan di jalur fungsional Tol Cisumdawu telah disediakan rest area darurat yang berlokasi di Jalur B tepatnya di Km 194. Di rest area itu sudah tersedia SPBU Modular, toilet sementara, hingga minimarket.

Meski sudah dibuka, dia mengingatkan masyarakat bahwa jalur fungsional di ruas Cimalaka-Dawuan itu belum 100 persen selesai sempurna.

“Dengan demikian, masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur itu harus berhati-hati, menjaga kecepatan, tidak mengebut, fokus mengemudi, dan mengendalikan kendaraan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com