Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis Pemprov DKI Sudah Penuh, Total 19.280 Pemudik

Kompas.com - 30/03/2023, 03:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyelenggarakan Program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2023.

Program ini diadakan bagi seluruh warga Jakarta yang akan merayakan Lebaran di kampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, mengatakan, pendaftaran program mudik gratis telah dilakukan secara online dan offline sejak tanggal 23 Maret 2023. Menurutnya, kuota mudik gratis sudah terpenuhi.

Baca juga: Aleix Ungkap Kondisi Terbaru Pol Espargaro Setelah Crash

Pelepasan kegiatan mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan di Monas pada 30 Mei 2019.KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARI Pelepasan kegiatan mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan di Monas pada 30 Mei 2019.

Program Mudik Gratis yang disediakan Pemprov DKI memberangkatkan total 19.280 pemudik ke 19 kota/kabupaten di 6 (enam) provinsi.

Untuk arus mudik, disediakan 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor.

Sedangkan, pada saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor.

Baca juga: Kenali Tanda Minyak Rem Mobil Harus Segera Diganti

Selama perjalanan, peserta juga diberikan takjil gratis, snack, dan minuman untuk berbuka puasa oleh petugas pendamping bus.

Selain itu, disiapkan juga petugas yang membantu mengangkut sepeda motor ke truk pada arus mudik dan arus balik.

Syafrin menjelaskan, anggaran sebesar Rp 3,27 miliar disiapkan untuk rangkaian penyelenggaraan mudik gratis, mulai dari persiapan dan pelaksanaan pelayanan mudik hingga penerimaan balik ke Jakarta.

Baca juga: Karoseri Adiputro Luncurkan Bus Baru untuk PO Setiawan

Motor gratis diangkut dengan dua Truk Khusus pengangkut sepeda motor tiba di Trenggalek (03/07/2016)Slamet Widodo Motor gratis diangkut dengan dua Truk Khusus pengangkut sepeda motor tiba di Trenggalek (03/07/2016)

“Dalam pelaksanaannya nanti, meliputi beberapa rangkaian. Seremonial hanya bagian dari keseluruhan rangkaian tersebut,” ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (29/3/2023).

“Perlu diketahui bersama, penganggaran kegiatan Mudik dan Balik Gratis Angkutan Lebaran DKI Jakarta tahun 2023 ini dilakukan dengan mengemban Asas Compliance (Kepatuhan) yang juga telah mendapat persetujuan dari DPRD,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com