Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Amerika 2023; Rins Bawa Honda Juara, 9 Pebalap Kecelakaan

Kompas.com - 17/04/2023, 02:45 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Seri keempat MotoGP 2023 kembali bergulir di Amerika Serikat, tepatnya di Circuit of The Americas (COTA) alias Sirkuit Austin, Texas, pada Senin (17/4/2023), dan dimenangkan oleh pebalap LCR Honda, Alex Rins.

Luca Marini yang membela Mooney VR46 Ducati sukses finis di posisi kedua, dan podium ketiga ditempati oleh rider Yamaha, Fabio Quartararo.

Banyak drama terjadi pada balapan kali ini, dimana ada sembilan pebalap yang mengalami kecelakaan. Dimulai Alex Marquez dan Jorge Martin, lalu Aleix Espargaro dan Jack Miller.

Ironis buat Francesco Bagnaia yang juga kecelakaan, saat sedang memimpin balapan. Disusul Brad Binder dan Takaaki Nakagami yang juga crash. Lalu pebalap tes Repsol Honda Stefan Bradl juga kecelakaan dan Joan Mir juga gagal finis.

Secara total ada sembilan pebalap yang gagal finis di balapan kali ini.

Sirkuit Austin merupakan salah satu hasil karya perancang sirkuit ternama di dunia, Hermann Tilke, yang dipakai ajang MotoGP Amerika pertama kali pada 2013.

Sirkuit COTA memiliki panjang total sejauh 5.513 meter dan punya 20 tikungan, serta trek lurus mencapai 1.200 meter.

Baca juga: Bayaran Mahal, Tim MotoGP Enggan Tampung Marc Marquez

Sirkuit ini juga identik dengan Honda karena banyaknya rekor yang diciptakan oleh para pebalapnya. Salah satunya Marc Marquez pernah meraih 6 kemenangan dengan Honda RC213V.

Meski begitu, Sirkuit Austin juga punya kekurangan. Sejumlah pebalap mengeluhkan kondisi aspal yang memprihatinkan.

Masalah klasik pada sirkuit ini adalah gundukan, di mana banyak permukaan trek yang tidak rata. Bahkan tahun ini diperburuk keretakan aspal di beberapa titik.

Selain itu, banyak tempat transisi dari permukaan aspal ke trotoar dalam kondisi buruk. Tentunya hal ini juga berbahaya bagi para pebalap.

Baca juga: Viral Pesan Berantai Tambal Ban Online Gratis di Solo, Ini Faktanya

Jalannya Balap

MotoGP Amerika 2023 dimulai dengan Pecco Bagnaia dan Alex Rins yang memimpin jalannya balap. Kedua pebalap ini memang sudah unggul sejak sesi kualifikasi.

Sayangnya bagi Ducati, Alex Marquez dan Jorge Martin mengalami bentrokan pada putaran pertama. Keduanya pun langsung tersingkir.

Jack Miller yang start dari posisi 10 langsung merangsek ke urutan 3. Sementara Rins tetap dekat dengan Bagnaia, walaupun ia belum punya cukup ruang untuk menyalip.

Baca juga: Bus Baru PO Dunia Mas, Bus ke Bima yang Pakai Sofa

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com