Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid menjadi sensasi baru di segmen MPV karena kombinasi mesin bensin dan motor listrik yang ada di dalamnya.

Kombinasi dua jenis mesin penggerak itu menjadikan Innova Zenix Hybrid memiliki performa apik dan sangat irit BBM jika dibandingkan seri-seri pendahulunya.

Ekowati, Pimpinan Teknis Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur mengatakan, performa yang baik dan konsumsi BBM irit itu bisa dicapai berkat adanya sistem kinerja khusus pada bagian mesin hasil racikan Toyota.

“Hybrid di Zenix itu namanya Hybrid Synergy, artinya ada mekanisme khusus yang tercipta dari gabungan antara mesin bensin dan motor listrik,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Program Diskon Servis Toyota untuk Pemudik Tahun Ini

Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.dok TAM Toyota Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista.

Dia menjelaskan, mesin bensin pada Innova Zenix Hybrid serupa dengan jantung pacu mobil pada umumnya, yakni terletak di bagian depan mobil.

Komponen unik yang berbeda adalah motor listrik, baterai, dan komputer khusus. Ketiganya berada di dalam gearbox khusus dan menjadi penyalur daya listrik.

Motor listrik dan baterai terletak di dudukan baris kedepan dan bentuknya seperti transmisi di dalam gearbox dan diatur oleh komputer” kata Eko.

Komputer itu memiliki perintah khusus untuk mengatur penyaluran daya pada penggerak mobil. Sumber daya yang disalurkan bisa bervariasi antara mesin bensin dan motor listrik.

“Semisal baterai motor listrik penuh, maka sumber dayanya full listrik. Semisal baterai habis, sumber dayanya dari mesin bensin. Semisal mobil butuh tenaga torsi ekstra, keduanya (motor listrik dan mesin bensin) bisa difungsikan di saat yang sama,” Ujar Eko.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com