Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Double Long Lap Penalty yang Diterima Marc Marquez

Kompas.com - 31/03/2023, 03:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabalap Repsol Honda Marc Marquez dijatuhi hukuman double long lap penalty oleh FIM MotoGP Stewards.

Hukuman ini diterima Marquez buntut dari insiden tabrak Miguel Oliveira di GP Portugal. Marquez dinilai terlalu agresif hingga membahayakan nyawa rider lain. Alhasil, Marquez harus melintasi area long lap penalty.

Lantas apa itu long lap penalty (LLP) dalam MotoGP?

Baca juga: Program Diskon Servis Toyota untuk Pemudik Tahun Ini

LLP merupakan sanksi yang diberikan kepada pebalap jika melakukan kesalahan.

LLP pertama kali dikenalkan pada musim 2019 dan langsung digunakan di musim tersebut. Hukuman ini dibuat untuk menggantikan sanksi penalty turun satu posisi bagi pebalap yang melanggar suatu kesalahan.

Pebalap diwajibkan untuk melewati rute lebih jauh. Jalur tersebut biasanya berada di bagian run-off tikungan. Efek melewati lintasan LLP adalah durasi balap akan bertambah sekitar 2-3 detik. Sehingga pebalap akan kehilangan banyak waktu saat menjalani hukuman ini.

Aturan long lap penalty akan menjadi daftar hukuman baru di MotoGP 2019. Aturan long lap penalty akan menjadi daftar hukuman baru di MotoGP 2019.

Pebalap wajib melakukan tiga kali melintasi trek LLP setelah mendapat hukuman tersebut dari race director.

Adapun bagi seorang pebalap yang mendapat hukuman LLP dan tidak melakukannya akan diberi sanksi tambahan waktu tiga detik dari hasil finis. Hal ini berlaku bagi semua pebalap meski berhasil menduduki podium.

Kemudian pebalap dianggap sah melakukan LLP jika mulus alias tidak jatuh. Kalau sampai jatuh saat melakukan LLP, maka wajib mengulang pada lap berikutnya.

Baca juga: Mercedes-Benz Harap Syarat Subsidi Mobil Listrik Bukan Cuma TKDN

Dalam kasus Marquez, rider berusia 30 tahun ini mendapatkan hukuman double long lap penalty. Artinya, ia harus melakukan dua kali long lap penalty pada jalur yang telah disediakan.

Jika dihitung secara kasar Marquez akan kehilangan waktu sekitar 4 sampai 6 detik dalam satu lap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com