Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencium Kehadiran Z400RS, Pakai Mesin ZX-4RR Bertenaga 75,9 Tk

Kompas.com - 28/03/2023, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki ZX-4RR sudah resmi dirilis di berbagai negara, termasuk Indonesia. Motor sport dengan mesin 400cc empat silinder tersebut dijual di Indonesia dengan harga Rp 239,9 juta.

Hadirnya motor ini secara global, memunculkan isu baru terkait kemunculan motor klasik Kawasaki Z400RS. Sebelumnya, kabar Z400RS ini memang sudah mencuat, namun belum juga hadir.

Dikutip dari Great Biker, render dari motor klasik ringkas ini sudah menyebar di internet. Kemungkinan, Z400RS akan diluncurkan dalam waktu dekat dan memakai mesin 400cc empat silinder.

Baca juga: Jam Macet di Jakarta Berubah Selama Bulan Ramadhan

Rumors Kawasaki bakal merilis Kawasaki Z400RS berjantung 4-silinder.Foto: Greatbiker Rumors Kawasaki bakal merilis Kawasaki Z400RS berjantung 4-silinder.

Soal Z-RS series, Kawasaki saat ini baru punya dua produk, Z900RS yang pakai mesin empat silinder dan Z650RS dengan mesin dua silinder. Keduanya punya model klasik yang dipadu dengan teknologi modern, kombinasi yang apik.

Kembali bahas Z400RS, awalnya diprediksi akan memakai mesin 400cc dua silinder dari Ninja 400. Tapi, dengan hadirnya ZX-4RR, kemungkinan mesin yang diganakan sama, jadi motor klasik dengan jantung empat silinder.

Baca juga: Kawasaki Ninja Jatuh Disambar Ban Truk yang Copot


Tapi, ini baru sekadar kabar saja, belum ada kepastian kapan motor baru dari Kawasaki ini akan meluncur. Apalagi secara global, Kawasaki baru juga meluncurkan Eliminator 400, memakai mesin dua silinder.

Jadi, jika benar akan hadir Z400RS dengan mesin 400cc empat silinder, tentu jadi alternatif lebih murah dari Z900RS. Di Indonesia, Z900RS dibanderol Rp 325 juta, sedangkan ZX-4RR harganya Rp 239,9 juta.

Lalu, jika nanti hadir, Z400RS tentu akan mengembalikan masa-masa kejayaan motor naked 400cc pada 1990-an. Saat itu, ada motor lain seperti Honda CB400SF sampai Suzuki Bandit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com