Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rincian Biaya Servis Agya Tipe G Selama 5 Tahun, Masih Murah?

Kompas.com - 23/03/2023, 17:08 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru dari Toyota Agya yang resmi diluncurkan pada awal tahun ini, membawa angin segar bagi kelas kendaraan berharga murah atau yang biasa dikenal Low Cost Green Car (LCGC).

Dengan harga jual yang naik Rp 15 jutaan dari generasi terdaulu jadi Rp 175 juta sampai Rp 191,4 juta, banyak aspek menarik yang ditawarkan. Satu diantaranya tentu konsumsi BBM yang tembus 27 kpl.

Lantas kira-kira bagaimana biaya servisnya? Apakah tetap terjangkau? Untuk diketahui, pada kasus ini model yang dipakai ialah Agya G yang masih masuk kategori LCGC.

Baca juga: Begini Skema Kredit Motor Listrik dari Bank BUMN

Impresi Toyota Agya TerbaruKOMPAS.com/Adityo Impresi Toyota Agya Terbaru

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari pihak Toyota Indonesia, total biaya servis sampai lima tahun untuk Agya baru dengan transmisi CVT ialah Rp 10.041.102.

Sementara untuk Agya dengan transmisi manual, sedikit lebih murah yaitu Rp 6.918.732. Biaya tersebut sudah mencangkup bebas biaya servis selama tahun pertama, pergantian suku cadang rutin, dan jasa servis.

Tidak dijelaskan secara rinci bagian apa saja yang akan diservis. Namun dapat dipastikan bahwa harga tertera merupakan data terbaru yaitu Maret 2023.

Lebih rinci, biaya servis rutin untuk Agya tipe G pada dua tahun pertama (usai servis perdana), secara berurutan ialah Rp 561.000 untuk servis rutin ke-2, Rp 632.000 pada servis rutin ke-3, dan kembali ke Rp 561.000 di servis rutin ke-4.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Agya Baru dari Kursi Penumpang

Foto stok: Agya GR SportKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Agya GR Sport

Besaran tersebut mengabaikan jenis transmisi mobil, alias baik yang Agya G Manual maupun CVT, biaya servisnya sama. Jika di total, maka dana yang harus disiapkan pada dua tahun pertama memiliki Agya baru ialah Rp 1.754.000.

Memasuki servis ke-5 atau jelang tiga tahunan, biayanya sedikit lebih mahal dan berbeda tergantung jenis transmisi. Pada Agya G CVT, dana yang perlu disiapkan ialah Rp 883.000 sementara Agya G MT Rp 1.043.000.

Setelah itu, pola yang sama juga diterapkan. Artinya pada servis ke-6 sampai ke-8, baik pemilik Agya dengan transmisi CVT maupun manual, biaya servisnya sama.

Di mana, servis ke-6 biayanya sebesar Rp 561.000, servis ke-7 Rp 632.000, dan servis ke-8 sebesar Rp 974.586.

Saat mobil hendak memasuki usia pemakaian lima tahun, pemilik harus siap-siap mengeluarkan daya yang cukup besar untuk servis besar. Di mana, Agya G CVT perkiraan servisnya Rp 2.240.037 sementara varian manual Rp 1.902.370.

Baca juga: Pemerintah Harus Antisipasi Kepadatan di Rest Area Tol Saat Mudik

Pada servis ke-10 dan ke-11, masing-masing biayanya sebesar Rp 974.586 dan Rp 2.021.550.

Apabila pemilik merasa cukup keberatan dengan biaya servis hingga lima tahun, saat menggarasikan Agya terbaru bisa mengikuti program T-Care dari Toyota. Sehingga garansi diperpanjang sampai servis ke-7 atau 3 tahun.

Dengannya, maka total biaya servis untuk Agya G CVT ialah Rp 6.211.092 dan Agya G MT Rp 5.873.092

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com