Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Hari Ini, Cek Syarat Daftar dan Tujuan Mudik Gratis Kemenhub

Kompas.com - 13/03/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti tahun sebelumnya, menjelang musim Lebaran 2023, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, kembali membuka pendaftaran mudik gratis.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub dibuka mulai Senin (13/3/2023). Mengutip unggahan resmi @Kemenhub, dijelaskan metode pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online via aplikasi MitraDarat.

Menurut Pitra Setiawan, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi memprediksi akan ada 123 juta orang yang akan mudik tahun ini.

Dari jumlah tersebut, moda yang menjadi pilihan favorit adalah mobil pribadi dan sepeda motor. Karena itu, pihaknya mengimbau untuk memanfaatkan program mudik gratis tersebut.

Baca juga: Jelang Lebaran, Kemenhub Antisipasi Kepadatan di Pelabuhan Merak

"Kami menyediakan kuota sebanyak 24.072 orang dengan menggunakan 585 bus untuk 28 kota tujuan, kami juga menyediakan 30 unit truk untuk mengangkut 900 sepeda motor masyarakat. Silahkan dimanfaatkan, pendaftaran dimulai 13 Maret 2023 dan semuanya gratis," ujar Pitra saat dihubungi KOMPAS.com, Minggu (12/3/202).

Pemudik sepeda motor memanfaatkan program mudik gratis via kapal laut.dok. Kemenhub Pemudik sepeda motor memanfaatkan program mudik gratis via kapal laut.

Untuk kota tujuan, dijelaskan ada 28 wilayah yang akan difasilitasi Kemenhub untuk mudik gratis 2023. Kota-kotanya mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera.

Wilayah Jawa Barat meliputi Garut, Tasik, dan Cirebon. Untuk Jawa Tengah dam Yogyakarta terdiri dari Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Blora, Boyolali, Pati, Klaten, Solo, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Jawa Timur terdiri dari Tuban, Madiun, Surabaya, Tulungagung, dan Malang. Sementara untuk Sumatera hanya ada dua kota, yakni Lampung dan Palembang.

Baca juga: Awas Macet, Mobil dan Motor Diprediksi Mendominasi Mudik 2023

Tak hanya itu, Kemenhub juga memfasilitasi mudik gratis untuk sepeda motor menggunakan angkutan dengan tujuan Purwokerto, Wonogiri, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat)

Sedangkan untuk arus balik, ada delapan kota yang disediakan Kemenhub, yakni dari Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Wonogiri, Yogyakarta, Solo, dan Purwokerto.

Waktu keberangkatan bus arus mudik akan dilakukan pada 18 April 2023 dengan lokasi Termainal Jati Jajar, Pondok Cabe, dan Pulo Gebang. Sementara untuk 19 April 2023, pemudik akan diberangkatkan dari Terminal Poris Plawad dan Kampung Rambutan.

Masyarakat yang berminat mengikuti mudik gratis Lebaran 2023 yang diselengarakan Kemenhub, wajib mengunduh aplikasi MitraDarat, baik melalui PlayStore atau AppStore.

Lebih lengkap soal cara daftar, syarat, dan lainnya sebagai berikut :

Daftar

- Klik tombol "login"
- Masukan alamat email/akun Google
- Masukan nomor telepon (WhatsApp).
- Masukan Kode OTP
- Setelah login berhasil akan tampil dasbor MitraDarat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com