Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Rombongan Truk Pasir Selamatkan Diri dari Awan Panas Gunung Merapi

Kompas.com - 12/03/2023, 10:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB. Pihak BPPTKG juga mengimbau warga menjauhi radius 7 kilometer dari puncak.

Erupsi turut membuat aktivitas sejumlah truk pasir yang berada di sekitar Gunung Merapi jadi terhenti.

Bahkan, para sopir truk tambang pasir yang hendak menuju gunung jadi balik arah dengan tergesa-gesa saat asap dari erupsi Gunung Merapi mulai menyembur.

Kejadian rombongan truk yang menghindari erupsi Gunung Merapi terekam dalam cuplikan video yang dibagikan oleh akun Instagram @romansasopirtruck.

Baca juga: Harga Lexus All New RZ Rilis Dalam Waktu Dekat

Pada keterangan video disebutkan jika video tersebut merupakan kondisi erupsi Gunung Merapi dari Ngori, Srumbung, Magelang, Sabtu,(11/3/2023). 

Menanggapi video tersebut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan jika ada kemungkinan sekelompok sopir truk tersebut bekerja untuk aktivitas pertambangan pasir di sungai kaki Gunung Merapi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

“Setahu saya mereka (para sopir truk) sering menghadapi kondisi erupsi ini. Namun tetap saja menimbulkan kepanikan karena harus buru-buru menyelamatkan asetnya (truk) sebelum lahar tiba di sungai,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Baca juga: Skutik Murah Suzuki Access 125 Meluncur, Harga Mulai Rp 14 Jutaan

Sony menyarankan, dalam kejadian ini seharusnya para sopir truk harus diamankan karena berada di dalam zona bahaya.

Pihak pengelola wajib menyediakan rencana penyelamatan berupa sinyal dan rute penyelamatan. Kalau tidak ada, maka proses evakuasi harus hati- hati tertib, teratur juga tenang.

“Sehingga jauh dari kegagalan seperti tidak bisa bergerak, nyungsep atau menabrak kendaraan lain. Ini dibutuhkan ketenangan dan ketrampilan dari seorang pengemudi truk,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com