Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Anak Kecil Rombongan Pajero Keluarkan Kepala dari Sunroof

Kompas.com - 05/03/2023, 12:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini viral cuplikan video rombongan mobil Mitsubishi Pajero Sport yang melintasi jalan yang dikenal ekstrem di Indonesia yaitu Sitinjau Lauik, Sumatera Barat.

Sitinjau Lauik sendiri menjadi lintasan menanjak yang berupa tanjakkan curam yang berada di Jalan Raya Padang-Solok, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bahkan, jalan ini kerap dinobatkan sebagai lintasan yang menantang bagi para pengendara.

Baca juga: Harga City Car Bekas per Maret 2023, Honda Jazz Rp 60 Jutaan

Namun, pada cuplikan video yang dibagikan oleh akun Instagram @sitinjaulauik_id, rombongan Pajero Sport yang berasal dari arah atas tanjakan Sitinjau Lauik Nampak melaju dengan melaju dengan mulus.

Bahkan, sunroof dari sejumlah mobil dalam rombongan tersebut sengaja terbuka agar penumpang bisa melihat pemandangan luar lebih jelas.

Akan tetapi, mayoritas penumpang pada rombongan yang menjulurkan kepalanya dari sunroof mayoritas adalah anak kecil.

Menanggapi Vidio tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan jika  ada bahaya yang ditimbulkan dari aksi membuka sunroof mobil, terutama saat melintasi medan jalan yang ekstrem.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sitinjau Lauik ID (@sitinjaulauik_id)

 

“Kalau sebatas konten sih tidak masalah karena pasti sudah diperhitungkan sisi keamanannya oleh teman-teman komunitasnya. Tapi yang berbahaya kalau jadi kebiasaan. Hal ini karena anak-anak merekam dan punya 1.000 alasan untuk melakukan hal yang sama untuk berikutnya,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Baca juga: Kecelakaan Bus Vs Moge di Baluran, Ini Bahaya Motor bila Keluar Jalur

Maka dari itu, menurut Sony penting sekali pemahaman dan edukasi keselamatan berkendara bagi usia dini. Misalnya dari hal-hal sederhana saat kendaraan berjalan, semua penumpang wajib pakai sabuk pengaman.

Sunroof fungsinya untuk penerangan dan merefresh pikiran terutama di perjalanan panjang. Anggota tubuh tidak boleh keluar kabin. Alasannya karena bisa tersangkut ranting, kabel listrik atau kena pentalan batu dan lainnya,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com