Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor WSBK untuk GP Mandalika 2023 Sudah Sampai Lombok

Kompas.com - 01/03/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejuaraan World Superbike (WSBK) putaran kedua akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akhir pekan ini, tepatnya 3-5 Maret 2023.

Berbeda dengan WSBK dua musim lalu, WSBK di Mandalika berlangsung di awal tahun, sedangkan tahun lalu ada di akhir. Tentu diselenggarakannya event ini sangat ditunggu para pencinta balap motor di Indonesia.

PT Angkasa Pura Logistik (APLog), subsidiari PT Angkasa Pura I (Persero) kembali dipercaya menangani kargo spare part dan alat pendukung race equipment lainnya baik saat penanganan kedatangan kargo juga kepulangan kargo WSBK Mandalika 2023 mulai tanggal 27 Februari – 8 Maret 2023.

Baca juga: Logo One Heart dan Satu Hati Kini Hadir di WSBK dan MXGP

Kargo untuk balapan WSBK di Sirkuit Mandalika sudah sampaiDOK. APLOG Kargo untuk balapan WSBK di Sirkuit Mandalika sudah sampai

Direktur Operasi APLog, Troficiendy S, mengatakan, kedatangan kargo (inbound) dilakukan secara bertahap melalui jalur laut, darat dan udara.

"APLog berhasil melakukan unloading 6 kontainer kargo sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. Kemudian dilanjutkan kedatangan kargo melalui jalur udara dengan total proses inbound sekitar 200 ton,” ucap Troficiendy dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (1/3/2023).

Setelah race equipment tiba di Bandara Internasional Lombok, kargo para pebalap lalu dibawa menuju Sirkuit Mandalika untuk dilakukan proses pemeriksaan oleh Bea dan Cukai.

Baca juga: Wuling Luncurkan Motor Cruiser, Mirip Honda Rebel

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, Kitty Kartika, menghadiri langsung proses kedatangan kargo. Kitty mengatakan dalam perhelatan WSBK 2023 di Mandalika mendapatkan berbagai insentif fiskal karena termasuk event internasional yang diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Bea Cukai memberikan insentif fiskal melalui pembebasan Bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI) untuk barang modal keperluan pembangunan infrastruktur dan event," kata Kitty.

"Selain itu Bea Cukai juga memberikan kemudahan prosedural kepabeanan, seperti pemeriksaan fisik di luar kawasan pabean dan penerapan sistem aplikasi Pemberitahuan Pabean Kawasan Ekonomi Khusus (PPKEK), yang terintegrasi dengan sistem Indonesia National Single Window (INSW) untuk mendukung kelancaran kelancaran dan kecepatan arus barang,” kata Kitty.

Berbagai persiapan telah dilakukan dalam menyambut ajang balap internasional ini, seperti yang dikatakan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan.

“Kesiapan yang kami lakukan untuk mendukung event Internasional seperti WSBK ini yakni Perluasan Terminal Penumpang dari kapasitas 3,5 juta orang per tahun menjadi tujuh juta orang per tahun, perpanjangan Runway Bandara Lombok yang sebelumnya memiliki panjang 2.750 meter juga telah diperpanjang menjadi 3.300 meter yang tujuannya agar pesawat kargo dan penumpang besar bisa ditampung dan dilayani di bandara ini, selain itu SOP, SDM dan yang dipelukan ditingkatkan untuk memastikan perhelatan Internasional WSBK ini bisa berjalan dengan baik,” ucap Rahmat.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, menyampaikan pihak promotor dari Dorna dan para pebalap WSBK esok hari mulai berdatangan dari berbagai negara. MGPA telah melakukan berbagai persiapan yang maksimal demi mendukung keberhasilan kegiatan ini. Beliau berharap dari ajang WSBK ini dapat meningkatkan dampak ekonomi masyarakat Indonesia khusunya di NTB.

Total 104,6 Ton Logistik WSBK 2023 Tiba Di Bandara Lombok.Dok. Humas Bandara Lombok Total 104,6 Ton Logistik WSBK 2023 Tiba Di Bandara Lombok.

Sinergi yang diberikan semua pihak dalam mendukung pelaksanaan WSBK Mandalika 2023 agar berjalan lancar, aman dan tentunya membawa dampak positif baik dari segi ekonomi maupun citra Indonesia dimata dunia.

APLog berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik di bidang logistik. Cakupan kegiatan logistik yang akan dilakukan oleh APLog tentunya dimulai dari penanganan barang mulai dari barang masuk hingga handling yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Melanjutkan kepercayaan dan apresiasi atas kompetensi APLog dalam penanganan logistik pada Balapan WSBK Mandalika sejak tahun 2021 hingga saat ini, juga sebagai bentuk dukungan APLog dalam mendukung olah raga balap motor, pariwisata dan komunitas dari tanah air yang terlibat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com