Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Indonesia Bisa Juara di Ajang Otomotif Dunia

Kompas.com - 19/02/2023, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia tidak hanya dapat juara di sektor industri otomotif, tetapi juga dalam ajang otomotif dunia termasuk motorsport.

Pasalnya, Tanah Air memiliki sejumlah atlet berprestasi seperti Rio Haryanto, Mario Aji, Ananda Mikola, Tinton Suprapto, hingga Rifat Sungkar. Apabila dikelola dengan baik, sumber daya tersebut bisa menjadi buah yang manis.

Demikian disampaikannya melalui video yang ditayangkan dalam acara Ikatan Motor Indonesia (IMI) Awards 2023 di Jakarta, Sabtu (18/2/2023) malam.

Baca juga: Alasan Jokowi Dinobatkan Sebagai Bapak Otomotif Indonesia

Jokowi Penasaran dengan Replika Mobil Ralli Mitsubishi di IIMS 2023KOMPAS.com - Donny Jokowi Penasaran dengan Replika Mobil Ralli Mitsubishi di IIMS 2023

"Target kita Indonesia bukan hanya menjadi juara dalam industri otomotif dunia, tetapi juga juara dalam ajang kejuaraan otomotif," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan tahun lalu Indonesia telah berhasil menggelar acara internasional MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang dihadiri secara fisik oleh 100.000 lebih orang.

Ia menyebut pada 2023 ini Indonesia juga akan kembali menggelar acara serupa, serta kompetisi Formula E di DKI Jakarta.

Dalam kesempatan sama, Jokowi pun mengapresiasi IMI yang memberi penghargaan kepada sejumlah atlet olahraga bermotor di Indonesia. Ia berharap momentum itu dapat menjadi pemicu semangat bagi para atlet di Indonesia.

"Saya menyambut baik IMI Awards sebagai bentuk penghargaan kepada para atlet olahraga bermotor," kata dia.

Sebelumnya, pihak IMI menetapkan Jokowi sebagai Bapak Otomotif Indonesia dalam ajang IMI Awards 2023.

Baca juga: Lihat dari Dekat Italjet Dragster Edisi Khusus Ariel Noah

Jokowi duduk di dalam Esemka Bima EV di IIMS 2023KOMPAS.com/Sendy Jokowi duduk di dalam Esemka Bima EV di IIMS 2023

Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo menjelaskan, sejumlah pertimbangan atas pemberian gelar tersebut lantaran Jokowi dinilai berjasa dalam membangkitkan dunia otomotif nasional.

Salah satunya melalui kejuaraan dunia otomotif nasional yang kemudian dinilai telah berhasil menggerakkan roda perekonomian nasional di tengah gempuran pandemi Covid-19.

Di antaranya melalui World Superbike (WSBK), MotoGP, MiniGP, MXGP, Formula-E, Rally Internasional, F1 Powerboat Seri Dunia 2023, rencana Leman's Asia Series, dan Formula-1 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com