Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Cegah Maling Mobil Beraksi di Hotel

Kompas.com - 13/02/2023, 09:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial unggahan Christopher Ryan yang mengatakan mobilnya hilang saat keluarga sedang menginap di salah satu hotel di Bogor, Jawa Barat, padahal parkir di lobby hotel.

Ryan, mengatakan, mobil Toyota Calya tipe G 2018 miliknya hilang saat parkir di hotel yang ternyata tidak punya CCTV. Kemudian pihak hotel hanya berusaha memfasilitasi dengan kepolisian tapi enggan bertanggung jawab.

Baca juga: Terjadi Lagi Pengemudi Fortuner Arogan, Tabrak dan Ancam Sopir Taksi Online

"Yang nginep di sana orang tua dan adik. Mereka pakai mobil saya dari luar kota. Check in tanggal 6 (Februari) sekitar 6.30 WIB setengah sembilan ngambil charger masih ada pagi jam 8.30 WIB tanggal 7 (Februari) mobil sudah tidak ada. Satpam tidak tahu," kata Ryan kepada Kompas.com, Minggu (12/2/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Christopher Ryan B.S.Bm. (@christ_ryan)

"Jam 9.00 WIB ayah saya tanya STNK, saya bilang kena tilang ya, STNK ada di mobil, tidak ternyata mobilnya hilang. Kok bisa, coba cek CCTV, ternyata tidak ada CCTV, mau reka adegannya bagaimana," kata dia.

Menanggapi kejadian ini, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sering kali pemilik mobil terlena dengan penampilan petugas parkir resmi, dengan mengikuti arahan bahkan menyerahkan kunci mobil pribadi ketika valet.

“Setiap kali kita akan parkir, yang menentukan aman atau tidaknya itu kita. Jangan percaya sama orang lain, sekalipun petugas resmi. Karena risiko rusak atau hilang biasanya mereka tidak tanggung jawab,” ujar Sony.

“Di hotel berbintang, mal, kantor, kita sering terlena dengan penampilan petugas yang terlihat memiliki skill dan bertanggung jawab, padahal belum tentu,” kata dia.

Baca juga: Cara Menutup Kap Mesin yang Benar, Ditekan atau Dibanting?

Ilustrasi Toyota CalyaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi Toyota Calya

Sony tidak menyarankan pengemudi untuk menggunakan fasilitas valet parking. Menurutnya, memarkirkan kendaraan sendiri merupakan ide yang lebih baik.

Selain itu, jangan lupa untuk memasang kunci tambahan. Misal kunci setir, untuk mempersulit maling ketika hendak mengambil mobil kita.

“Kalau saya tidak pernah mempercayakan kunci mobil pribadi ke petugas valet. Saya lebih memilih sendiri lokasi kendaraan untuk parkir. Itu bentuk kepedulian dan kecintaan saya terhadap aset pribadi,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com