Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Pekanbaru, Ingat Jarak Aman

Kompas.com - 13/02/2023, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di salah satu ruas jalan.

Kecelakaan beruntun itu diketahui terjadi di jalan lintas Pekanbaru-Kuantan Singingi (Kuansing), di Desa Kampung Pinang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Riau.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram bernama @andreli_48, Minggu (12/2/2023), memperlihatkan mobil minibus Datsun yang mengalami rusak parah akibat ditabrak oleh truk tronton yang ada di belakangnya.

Baca juga: Terjadi Lagi Pengemudi Fortuner Arogan, Tabrak dan Ancam Sopir Taksi Online

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/2/2023), Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kampar AKP Rudi Sudaryoni mengatakan, kecelakaan tersebut melibatkan tiga unit mobil dan satu unit sepeda motor.

Kejadian bermula saat mobil minibus Datsun yang dikemudikan oleh Rewindra, bergerak dari arah Kuansing menuju Pekanbaru dengan kecepatan sedang. Lalu, mobil Datsun mendahului truk tronton yang dikemudikan oleh Afrizal.

Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP), mobil Datsun berhenti karena di depannya ada truk yang sedang parkir di bahu jalan karena rusak.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Andre Li (@andreli_48)

“Karena jarak yang dekat, mobil truk tronton menabrak dua mobil dan satu sepeda motor di depannya,” ucap Rudi.

Diduga kecelakaan tersebut terjadi karena pengemudi truk tronton yang kurang hati-hati. Akibatnya, mobil truk Isuzu yang mengangkut buah kelapa sawit terbalik ke pinggir jalan.

Sedangkan, mobil Datsun dan sepeda motor yang mengalami kerusakan berat. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Belajar dari kejadian tersebut, ada baiknya seluruh pengguna jalan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang di depan.

Baca juga: Korban Kecelakaan akibat Jalan Berlubang Apakah Bisa Menuntut?

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa keuntungan saat menjaga jarak aman ketika mengemudi.

“Pertama kita akan memiliki jarak reaksi dan jarak berhenti yang cukup. Sehingga, pengemudi bisa berhenti tepat waktu dan jarak. Dengan jarak yang tepat, pengemudi tidak akan menabrak mobil di depannya,” ucap Marcell.

Ilustrasi jaga jarak aman 3 detikivanhumphrey.blogspot Ilustrasi jaga jarak aman 3 detik

Selain mencegah menabrak kendaraan yang ada di depan, menjaga jarak aman juga bisa menghindari kita dari peristiwa tabrak belakang. Pasalnya, dengan menjaga jarak aman, ketika mobil di depan melakukan pengereman, kita bisa lebih halus mengeremnya.

“Jadi kalau ada orang yang tidak menjaga jarak aman di belakang kita, dia tidak akan kaget jika kita melakukan pengereman secara halus,” katanya.

Baca juga: Dari Puncak Arah Jakarta Berlaku One Way, Waspada Hujan dan Berkabut

Sementara itu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menambahkan, jarak aman mengikuti kendaraan tidak hanya soal berapa meter, tetapi kombinasi antara waktu reaksi manusia dan waktu reaksi mekanikal jika dalam kondisi ideal.

“Waktu reaksi manusia sekitar 1 sampai 1,5 detik. Sedangkan reaksi mekanikal 0,5 sampai 1 detik. Jadi menjaga jarak aman sekitar tiga detik dengan kendaraannya,” kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com