Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 18:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Toyota Vios generasi keempat jelang akhir 2022 lalu di Indonesia membawa sejumlah aspek menarik untuk pasar sedan berharga murah.

Salah satu yang paling kentara, ialah bagian desain yang lebih modern sekaligus sporty tidak tampak kaku seperti sebelumnya. Hal tersebut bisa langsung dibuktikan melalui tampang mobil yang menyipit dengan beberapa aksen piano black di bawahnya.

Terlebih, grill berbentuk trapezoidal ekstra di bawah lapu utama mendominasi bagian wajah Vios. Ditambah, hadirnya lampu-lampu yang sudah LED dan nampak disambung oleh satu garis lurus berwarna piano black.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Vios di Dalam dan Luar Kota, Capai 12 Kpl

Toyota ViosKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Vios

Selain itu, lekukan tubuh Vios juga tampak kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan membuat mobil ini makin terlihat atraktif.

Di bagian samping, lekukan garis tajam membuat mobil semakin terlihat lebih maskulin. Sementara pada bagian kaki-kaki didukung dengan pelek 17 inci, dengan desain yang cukup futuristik.

Pada bagian buritan, fastback style dengan jendela melandai di pilar C, membuat mobil ini terlihat lebih mewah. Sementara untuk lampu belakang menggunakan LED L-shape lengkap dengan diffuser dan aksen lubang udara.

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

Memasuki bagian kabinnya, Vios didominasi dengan warna hitam sehingga menimbulkan kesan sporty dan elegan. Untuk jok, mobil menggunakan campuran material kulit dan fabric dengan pattern jahitan berwarna putih.

Secara keseluruhan memang tata letak interior Vios terbaru tak jauh berbeda dengan Veloz. Hanya saja ada sedikit penyesuaian seperti pada bagian dasbor yang disematkan aksen kulit yang melintang layaknya Fortuner.

Beberapa aksen piano black juga dihadirkan kembali yakni di konsol tengah dan door handle. Tetapi entah mengapa, penyematan head unit berukuran 9 incinya cukup mengganggu kesan sporty Vios.

Baca juga: Model Baru Segera Meluncur, Simak Harga Bekas Agya dan Ayla

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

Berlanjut ke baris kedua, Vios menawarkan jok mewah seperti bagian depannya. Tetapi diakui bila bicara kenyamanan, dengan tinggi 170 cm agaknya kurang puas karena ruang kepala yang terbatas.

Di bagian ini juga, belum dibekali arm rest pada bagian tengah walau sudah disematkan headrest tiga buah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com