Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 12:22 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Masyarakat banyak yang menyukai mobil transmisi matik karena pengoperasiannya lebih [praktis dibandingkan dengan mobil manual.

Memang mobil matik tidak lagi perlu memindahkan roda gigi lewat tuas transmisi pada setiap melakukan percepatan atau pun perlambatan. Semua sudah diatur oleh sistem pada transmisi otomatis secara baik.

Meski demikian, pada kasus tertentu tuas matik perlu disesuaikan seperti saat berhenti di lampu merah. Informasi terbaru, posisi tuas mobil matik memang seharusnya tidak di D saat mobil berhenti. Bagaimana penjelasan detailnya?

Baca juga: Setiap Berhenti di Lampu Merah Posisi Transmisi Mobil Matik di D, Bikin Boros BBM?

Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamananDicky Aditya Wijaya Tombol relase button mobil matik untuk fitur keamanan

Interactive Communication Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Aska mengatakan, untuk menghindari kerusakan yang lebih cepat pada transmisi matik, perhatikan tuas matik saat mobil berhenti cukup lama seperti di lampu merah.

“Saat di lampu merah, dan ternyata berhentinya cukup lama, disarankan untuk memindahkan tuas transmisi ke Netral atau Park, ketimbang di tahan di D dan injak rem, ini bisa dijelaskan alasannya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Selasa (24/1/2023).

Dia mengatakan ketika mobil nampak berhenti pada posisi tuas matik di D itu sebenarnya komponen internal gearbox masih bekerja.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Tuas Transmisi Mobil Matik Harus Dipindahkan ke N?

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

“Memang betul mobil berhenti selama di posisi tuas di D dan injak rem, tetapi sistem gear tetap berjalan selama rem diinjak dan bisa mengurangi umur pakainya, mungkin tidak hanya di transmisi tapi bisa merembet ke tempat lain, seperti engine mounting,” ucap Dimas.

Dia mengatakan untuk menghindari hal itu, sesuatu yang mudah dilakukan oleh pengendara adalah mengoperasikan mobil matik dengan benar.

“Paling mudah untuk mengantisipasi matik cepat rusak ya penggunaanya harus benar, lalu jangan lupa dilakukan perawatan berkala, dengan demikian kondisi matik bisa terus dipantau,” ucap Dimas.

Baca juga: Saat Berhenti di Lampu Merah, Posisi Gigi Mobil Matik di D atau N?

Overhaul transmisi matik Bengkel Worner Matic Overhaul transmisi matik

Bahkan dia mengatakan lebih baik di posisi P dari pada membiarkan mobil matik berhenti lama dengan posisi D dan injak rem.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.