Kompas.com - 14/11/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Banyak pengemudi mobil matik, terutama yang masih pemula bingung saat berhenti di lampu merah memposisikan tuas transmisi. 

Ada dua pilihan, yakni tetap menahan laju kendaraan dengan posisi gigi D (drive) atau memindahkan transmisi ke N (netral). 

Tak boleh asal karena bisa berdampak serius untuk pemakaian jangka panjang. Bahkan, jika pengemudi tak bisa kontrol, mobil bisa loncat dan menyundul kendaraan di depan. 

Perlu diketahui, saat berhenti dan posisi gigi tetap di D, komponen transmisi mendapatkan tumpuan beban kerja yang cukup berat. 

Baca juga: Kebiasaan Buruk Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P pada Mobil Matik

"Komponen mekanis girboks bisa cepat rusak karena menahan beban berat torsi mesin yang dihasilkan," kata Hermas E Prabowo Pemilik Bengkel Worner Matic kepada Kompas.com, Senin (14/11/2022). 

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Komponen mekanis yang bergesekan terus-menerus mempercepat proses keausan. Hermas menjelaskan, seperti kampas kopling matik, gir transmisi, dan bearing gampang terkikis jika menerima beban diluar batas maksimal. 

Suhu kerja yang meningkat, memicu risiko oli transmisi mengalami overheat. Hal itu akan membuat kualitas oli akan menurun. 

"Jika satu saja komponen bermasalah risikonya kerusakan menjalar. Biaya perbaikan besar karena harus dilakukan overhaul transmisi," kata dia. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, kebiasaan menahan gigi transmisi di posisi D berisiko menyebabkan kerusakan serius mobil matik. 

Baca juga: Cek Harga Mobil Listrik Bekas, Termurah Masih Rp 500 Jutaan

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

"Saat berhenti agar komponen transmisi aman, posisi gigi transmisi matik wajib dipindahkan ke N," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.